Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

KEK Pariwisata MNC Lido City seluas 3.000 hektare (ha) terdiri dari sejumlah proyek properti.
PT MNC Land Tbk. (KPIG) melakukan ground breaking kawasan Lido World Garden pada Rabu (8/9/2021). -MNC Land
PT MNC Land Tbk. (KPIG) melakukan ground breaking kawasan Lido World Garden pada Rabu (8/9/2021). -MNC Land

Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Land Tbk (KPIG) secara resmi menerima Peraturan Pemerintah (PP) No. 69 Tahun 2021 tentang penetapan area tersebut sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City pada Rabu (8/9/2021).

Regulasi tersebut telah ditandatangani Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 16 Juni 2021. PP KEK MNC Lido City pada hari ini diserahkan langsung secara formal oleh Deputi VI Kementerian Koordinator Perekonomian, Wahyu Utomo yang mewakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto kepada Executive Chairman MNC Group sekaligus Direktur Utama KPIG Hary Tanoesoedibjo.

Acara ini disaksikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Wakil Ketua I Dewan Nasional KEK Elen Setiadi. 

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan KEK MNC Lido City secara jangka panjang sebagai kawasan wisata dan rekreasi pendidikan.

"Seluruh tim sedang bekerja keras untuk menyelesaikan berbagai proyek pembangunan yang ditargetkan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun internasional karena lokasinya yang strategis di kawasan Jabodetabek," paparnya, 

KEK MNC Lido City, landmark yang sepenuhnya dimiliki oleh KPIG, adalah kota hiburan kelas dunia seluas 3.000 ha di Jabodetabek. Berada di antara 2 gunung indah, memiliki suhu yang menyenangkan 22 derajat-25 derajat celcius sepanjang tahun, karena lokasinya di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. 

KEK MNC Lido City merupakan KEK Pariwisata terdekat dari Jakarta dan yang pertama di Jabodetabek. Berikut sejumlah proyek pengembangan di KEK MNC Lido City.

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

Lapangan Golf & Country Club berstandar PGA
Dirancang oleh Ernie Els, salah satu pegolf paling sukses dalam sejarah dan perancang lapangan kelas dunia, lapangan golf ini memiliki pemandangan langsung Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Lapangan ini akan segera menjadi tujuan utama bagi pegolf dalam dan luar negeri, dilengkapi dengan fasilitas olahraga, hiburan dan pemandangan hijau yang indah dari sekitar Bogor yang tak tertandingi di Indonesia.

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

Lido Music & Arts Center
Tempat pertunjukan musik dan seni outdoor terbesar di Indonesia dengan konsep amphitheater, dirancang untuk menampung hingga 50.000 pengunjung festival dengan fasilitas empat panggung berbeda untuk mengakomodasi berbagai pertunjukan secara bersamaan, terinspirasi oleh Coachella Valley Music and Arts Festival di California, Amerika.

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

Lido Lake Resort Extension
Penambahan 125 kamar sebagai tanggapan atas meningkatnya tingkat hunian. Memiliki hak oleh Pemerintah untuk mengelola Danau Lido, MNC Land juga mengembangkan Lido Adventure Park, kegiatan rekreasi air, ruang acara dan berbagai fasilitas pendukung.

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

Movieland
Kompleks produksi film pertama yang terintegrasi di Indonesia dengan berbagai setting backlot outdoor dari alam hingga kota, dan setting indoor dengan green screen, yang dilengkapi area pasca produksi dan fasilitas pendukung lainnya.

MNC World Lido
Selanjutnya, KEK MNC Lido City juga akan mengembangkan MNC World Lido yang akan terbagi menjadi beberapa area, seperti:

Ini Deretan Proyek Megah di KEK MNC Lido City

MNC Park Lido
Theme park berkelas dunia yang pertama di Indonesia, menampilkan: 6 zona bertema, 18 wahana, 15 pertunjukan & atraksi, 18 gerai F&B, 21 gerai ritel, aula serbaguna, dan fasilitas lainnya. Themepark ini akan mengangkat karakter IP orisinil dari MNC Animation dan memaksimalkan sinergi antar unit bisnis MNC Group, seperti penerapan cross selling dan cross promotion.

Retail Dining & Entertainment
Pusat perbelanjaan, gerai makanan, dan spot hiburan dengan aneka ragam aktivitas siang dan malam, termasuk “avenue of stars”, siaran langsung, penampilan selebriti, musik live.

Hotel & Waterpark
Hotel mewah pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan waterpark, mengusung tema family resort dengan 800 kamar.

Hotel, Meetings, Incentives, Conferences & Exhibitions (MICE)
Hotel bertema unik untuk memenuhi segmen pasar yang berbeda; 1.400 kamar bintang 4+ ditambah 800 kamar bintang 3 yang berdekatan dengan resor dan convention center terintegrasi, dilengkapi fasilitas ballroom dan ruang pertemuan untuk mendorong bisnis MICE.

Lido  World Garden
MNC Land Lido juga menjadi mitra Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk kegiatan kolaborasi riset dan inovasi pengembangan pertanian, termasuk tanaman endemik, yang nantinya dapat dinikmati oleh para wisatawan di Lido World Garden. MOU dengan Balitbangtan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini, akan menjadi payung hukum kedua belah pihak

Techno Park
Menyikapi meningkatnya kebutuhan akan data center yang ramah lingkungan dan teknologi terintegrasi di Indonesia, KPIG juga akan menghadirkan Techno Park, pusat infrastruktur terintegrasi dan ekosistem berteknologi tinggi di KEK MNC Lido City.

Selain data center berskala besar, pengembangan lainnya juga termasuk pusat artificial intelligence (AI) dan infrastruktur smart city dengan CleanTech technology menggunakan tenaga surya untuk meminimalisir risiko kerusakan lingkungan dan iklim, serta turut melestarikan sumber daya alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper