Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenaikan Harga Batu Bara Dongkrak Kinerja Harapan Duta Pertiwi (HOPE) 

Harapan Duta Pertiwi (HOPE) mengeklaim dalam 3 bulan terakhir order pembuatan karoseri kendaraan mulai meningkat khususnya dari sektor logistik dan pertambangan.
Pabrik karoseri kendaraan PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE)./Isitimewa
Pabrik karoseri kendaraan PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE)./Isitimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan harga batu bara di pasar dunia berdampak positif terhadap kinerja PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE), emiten pembuat karoseri kendaraan.

“Kenaikan harga komoditas belakangan ini, khususnya harga batu bara membuat pesanan karoseri kendaraan kepada kami meningkat tajam,” tutur Kevin Jong, Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk, melalui keterangan tertulis, Senin (30/8/2021).

Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) sempat menyentuh US$169,75/ton pada 16 Agustus 2021. Harga itu dinilai cukup tinggi.

Menurut Kevin, dalam 3 bulan terakhir order pembuatan karoseri kendaraan mulai meningkat khususnya dari sektor logistik dan pertambangan.

“Sektor-sektor itu yang menopang kinerja kami. Saat ini, nilai order penjualan yang sudah kami terima cukup banyak,” tutur dia.

Melihat kondisi itu, tambahnya, HOPE optimistis hingga akhir tahun ini penjualan akan terdongkrak dan lebih besar dibandingkan dengan 2020. 

Tahun lalu, menurut Kevin, sektor karoseri terpukul sejak adanya pandemi Covid-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020. Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran Covid-19.

Indonesia sempat menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 2020. Lalu, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada 2021. PPKM itu mencakup juga PPKM Darurat dan PPKM berdasarkan level, yakni level 1 hingga 4.

“Saat ini, bila PPKM selesai dan vaksinasi Covid-19 berjalan cukup baik sesuai target pemerintah, ekonomi akan bangkit,” kata Kevin.

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. 

Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri perseroan mencakup dump truck, tangki air, tangki minyak kelapa sawit dan bahan bakar minyak. Lalu, tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering.

HOPE tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (24/5/2021) melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dan menjadi perusahaan ke-17 yang tercatat IPO pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper