Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasnur Internasional Shipping Siap IPO, Cek Harga dan Jadwalnya!

HAIS berpotensi meraih dana sebesar Rp120,80 miliar – Rp157,57 miliar dari penawaran perdana ini.
Ilustrasi armada kapal milik Hasnur Internasional Shipping/Perusahaan
Ilustrasi armada kapal milik Hasnur Internasional Shipping/Perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. berencana untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham.

Berdasarkan prospektus perusahaan yang dikutip dari laman KSEI pada Senin (26/7/2021), melalui IPO, calon emiten yang akan tercatat dengan kode HAIS ini menawarkan sebanyak 525,25 juta saham baru atau 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum. Harga penawaran sekitar Rp230 - Rp300 per saham.

Dengan demikian, HAIS berpotensi meraih dana sebesar Rp120,80 miliar – Rp157,57 miliar dari penawaran perdana ini. PT RHB Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek pada IPO HAIS.

Perseroan juga mengadakan Program Alokasi Saham Pegawai (Employee Stock Allocation/ESA) dengan jumlah sebanyak 5 persen dari saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak 26,26 juta saham.

Dana yang dihimpun dari penawaran saham ini rencananya akan digunakan untuk beberapa hal. Pertama, sekitar 46 persen dana akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal berupa penambahan 3 set armada kapal dan tongkang dengan indikasi nilai pembelian sekitar Rp150 miliar.

Manajemen HAIS menjelaskan, kekurangan dana pembelian 3 set kapal tersebut akan menggunakan pendanaan dari pihak ketiga yang akan diusahakan setelah pelaksanaan Penawaran Umum. Perseroan melihat rencana penambahan armada ini sebagai langkah perbaikan kinerja operasional dengan memperbaiki komposisi penggunaan armada antara kapal sewa (rent ship) dan kapal milik sendiri (own ship).

Adapun rencana penambahan kapal akan dilakukan dengan pembelian dari pihak ketiga dan bukan merupakan afiliasi dari perseroan.

“Sampai dengan prospektus ini diterbitkan, HAIS belum melakukan perjanjian atau perikatan apapun dengan pihak ketiga atas rencana pembiayaan investasi penambahan armada kapal dan tongkang,” demikian pernyataan manajemen, dikutip Senin (26/7/2021).

Kedua, sekitar 23 persen dana yang diperoleh dari IPO akan disalurkan melalui skema pinjaman kepada entitas anak yaitu PT Hasnur Resources Terminal (HRT). Dana tersebut akan digunakan HRT dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang jasa kepelabuhanan dengan melakukan pembelian peralatan untuk pengembangan Pelabuhan Tanjung Silopo.

Terakhir, sebanyak 31 persen dana akan dipergunakan oleh perseroan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional perseroan secara umum.

Kegiatan operasional yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) dari kapal milik sendiri dan biaya kapal sewa, serta beban-beban lain yang dapat muncul untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan.

Berikut adalah rencana jadwal penawaran umum perdana saham HAIS:

  • Masa Penawaran Awal : 26 Juli – 6 Agustus 2021
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 20 Agustus 2021
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 23 – 27 Agustus 2021
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 27 Agustus 2021
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 30 Agustus 2021
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 31 Agustus 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper