Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup MNC Rekrut Omar Giri Valliappan, Lulusan Oxford dan Eks CEO Viva.co.id

Pria bernama lengkap Vedhagiri Valliappan Vedhakumar memiliki segudang pengalaman sebagai pengusaha maupun tenaga profesional di berbagai perusahaan rintisan (start-up), UKM dan grup konglomerasi selama 15 tahun.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - MNC Group merekrut alumnus University of Oxford, Inggris, Omar Giri Valliappan sebagai Investor Relations & Digital Business Development Director MNC Group.

"Omar akan menjadi Investor Relations & Digital Business Development Director MNC Group," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan resmi, Rabu (21/7/2021).

Hary mengatakan, manajemen MNC Group melihat dalam 10 tahun terakhir, Omar telah berhasil membantu berbagai organisasi di tempatnya berkarier, membangun generasi berikutnya, menciptakan berbagai inovasi, memaksimalkan monetisasi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

“Hal tersebut terlihat dari catatan suksesnya melakukan trade sale untuk Cabot Communications asal Inggris dan Digital TV Labs asal Hong Kong,” katanya.

Selain itu, Omar juga memimpin dalam aksi IPO, product roadmap, menyusun strategi dan roadshow untuk Astro di Malaysia.

Pria bernama lengkap Vedhagiri Valliappan Vedhakumar ini memiliki segudang pengalaman sebagai pengusaha maupun tenaga profesional di berbagai perusahaan rintisan (start-up), UKM dan grup konglomerasi selama 15 tahun di Eropa dan 10 tahun di Asia Tenggara.

Omar mengawali kariernya di Cabot Communications Ltd yang berada di Bristol, Inggris sebagai manajer pemasaran produk. Saat itu, dia baru saja lulus Magister Ilmu Komputer dari University of Kent, Inggris pada 2002.

Omar meraih gelar Sarjana di Oxford Brookes University dengan predikat Summa Cum Laude dan Advanced Diploma dari University of Oxford, Inggris ini.

Sebelumya, Omar berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan hingga akhirnya diakuisisi oleh Vestel Group of Companies dan berhasil meraup 60 persen pangsa pasar yang memanfaatkan perangkat lunak tersebut.

Selama berkarier di Inggris, Omar secara aktif berkontribusi dalam kemajuan dan standarisasi teknologi di Inggris.

Omar adalah salah satu pionir di balik platform televisi Freeview di Inggris yang diluncurkan oleh BBC pada 2002. 

Pada 2007, ayah 3 anak perempuan ini memutuskan pindah ke Istanbul, Turki. Dia dipercaya VESTEL Group of Companies menjadi Director of Market Development.

Selama bekerja untuk Vestel, Omar turut mendirikan aliansi internasional (IMPALA) bersama Echostar Europe dalam pengembangan ekosistem televisi digital yang mendunia.

Ia berhasil merangkul sejumlah perusahaan, lembaga penyiaran dan lembaga pemerintah untuk mengadopsi teknologi MHEG-5 standard di 12 negara. 

Dari 2010 hingga 2015, Omar banyak berkecimpung di teknologi internet, penjelajahan kuliner, dan media. Semisal, dia menjadi salah satu pendiri Zomato Malaysia dan General Manager di Mudah.my, yakni sebuah marketplace terbesar dan portal ponsel terbesar di Malaysia.

Pada 2012, Omar memimpin tim Product Strategy and Management di Astro Holdings Malaysia, yakni saat perusahaan menjelang penawaran umjum perdana saham (IPO). Ketika itu, perusahaan mengedepankan strategi yang terfokus pada konsumen. Peran Omar meliputi peningkatan pendapatan melalui inovasi produk, kemitraan bisnis strategis, serta transformasi digital.

Lebih lanjut, dia sempat bekerja di perusahaan Malaysia lainnya, yakni menjabat sebagai COO Kamazaharah Food Industries Sdn. Bhd, sebelum akhirnya melanjutkan kariernya di Indonesia.

Sepak terjang Omar di Indonesia ia awali di grup Bakrie, di mana ia ditugasi menjalankan bisnis media, yaitu VIVA Group. Omar bertanggung jawab terhadap seluruh kemitraan digital, investasi dan arahan strategis sekaligus memimpin portal berita  viva.co.id serta bisnis edutainment sebagai CEO.

Saat itu, ia berhasil merombak total tim komersial, pengembangan bisnis dan sales dengan pendekatan sales 360 derajat, dan mengubah tampilan iklan digital menjadi lebih fokus pada monetisasi, namun tetap menyeimbangkan kebutuhan pengguna atas konten berita dan edutainment.

Dari perusahaan media, Omar mengembangkan kariernya ke Sinar Mas Land dan memimpin bidang kemitraan strategis, investasi dan pengembangan bisnis di seluruh lini grup konglomerasi tersebut.

Pada saat bersamaan, ia juga memimpin fungsi inovasi, pemasaran, layanan konsumen dan riset. 

Sebagai bagian dari agenda inovasi, Omar memimpin sejumlah usaha patungan (joint venture/JV) antara perusahaan real estate tersebut maupun perusahaan teknologi, seperti Grab, Uangku, Ovo dan kemitraan dengan Tokopedia, Sirclo dan perusahaan e-commerce lainnya.

Grup MNC Rekrut Omar Giri Valliappan, Lulusan Oxford dan Eks CEO Viva.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper