Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jual Saham CENT Rp2,03 Triliun, Apa Rencana Northstar Group Berikutnya?

Kini, kepemilikan saham Clover Universal di CENT menjadi tinggal 14,95 persen, dari sebelumnya 47,95 persen.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  14:07 WIB
Pendiri Northstar Patrick Walujo/www.nsgroup.com -
Pendiri Northstar Patrick Walujo/www.nsgroup.com -

Bisnis.com, JAKARTA – Northstar Advisors Pte melalui Clover Universal Enterprise Ltd akhirnya resmi menyatakan partially exits atau melepas sebagian sahamnya di PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT).

Berdasarkan pengumuman di Bursa Efek Indonesia, Clover Universal menyatakan pada 7 Juli 2021 telah menjual 10,29 miliar saham dengan harga Rp198 per saham. Dengan demikian nilai transaksinya adalah Rp2,03 triliun.

“Tujuan dari transaksi ini adalah divestasi langsung,” kata Direktur Clover Universal Enterprise Ltd Sua Fong Cha, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (9/7/2021).

Adapun setelah transaksi ini, kepemilikan saham Clover Universal di CENT menjadi tinggal 14,95 persen, dari sebelumnya 47,95 persen. Saham CENT yang dilepas Clover dibeli oleh perusahaan asal Singapura EP ID Holdings Pte. Ltd alias Edge Point. 

Clover Universal kemungkinan besar akan merealisasikan keuntungan hasil penjualan saham CENT untuk investasi di perusahaan lain. Jika melansir web resmi Northstar, perseroan percaya bahwa Asia Tenggara, dan khususnya Indonesia akan terus memberikan peluang investasi yang sangat baik ke depan.

Grup Northstar memiliki mandat investasi yang luas dan fleksibel, dan kami telah mengerahkan sebagian besar modal kami di sektor-sektor di mana kami yakin dapat memanfaatkan pengalaman mendalam dan hubungan jangka panjang kami,” tulis penjelasan resmi di website tersebut.

Clover Universal tercatat telah lama menggenggam saham CENT, bahkan sebelum perusahaan penyedia menara tersebut menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada 2015.

Berdasarkan prospektus CENT pada 2015, sebanyak 25 persen dana IPO perseroan ketika itu digunakan untuk membayar utang kepada Clover. Sekedar informasi, Clover merupakan perusahaan cangkang atau perusahaan yang didirikan dengan tujuan khusus yang beralamat di British Virgin Island.

Sementara pemilik Clover, yakni Northstar Grup yang didirikan oleh Patrick Walujo dan Glenn Sugita terkenal aktif mengucurkan investasi pada perusahaan teknologi prospektif seperti Gojek, Zenius, eFishery. Salah satu portofolio Northstar, yakni PT Triputra Agro Persada Tbk (TPAG) juga sukses menggelar IPO pada April 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

northstar centratama telekomunikasi indonesia patrick walujo
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top