Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anthoni Salim Gandeng DCII Bangun Data Center Park

Anthoni Salim bekerja sama dengan PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) membangun data center park dengan standar global bernama H2 di Pertiwi Lestari Industrial Park di Karawang
PT DCI Indonesia./ Istimewa
PT DCI Indonesia./ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Usai menambah kepemilikan saham di PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) Anthoni Salim menggandeng perseroan untuk membangun kompleks data center park berstandar global bernama H2 di Pertiwi Lestari Industrial Park di Karawang.

Axton Salim, putra dari Anthoni Salim mengatakan, H2 merupakan salah satu kompleks data center terbesar di Asia Tenggara dengan luas puluhan hektar dan memiliki total kapasitas ratusan megawatt (MW). Menurutnya, pembangunan akan dilaksanakan dalam beberapa tahap.

Adapun, H2 didesain dengan standar internasional menggunakan spesifikasi Tier 3 dan Tier 4 yang didukung oleh multiple konektifitas fiber optic (carrier neutral) dan dua pembangkit listrik.

Selain itu, H2 dibangun dengan konsep green data center yang akan dioperasikan dengan menggunakan energi terbarukan dari solar panel farm yang akan dibangun di area yang sama.

“H2 akan membawa dampak positif yang besar bagi pelaku bisnis di Indonesia dalam memenuhi tuntutan pasar untuk mempercepat proses digitalisasi di Indonesia sehingga kita mampu bersaing di tingkat global,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin (14/6/2021).

Adapun, pada Senin (14/6/2021), proses topping off dari gedung data center pertama H2 telah dilakukan.

Gedung ini nantinya akan memiliki 10 lantai, dengan 6 lantai di antaranya adalah ruang data dengan total kapasitas 3.000 rack serta kapasitas total daya listrik 15 MW. Pembangunan gedung ini telah dimulai sejak kuartal IV/2020.

Sementara itu, Toto Sugiri mengatakan dibentuknya H2 sejalan dengan visi dan misi DCI untuk menjadi penyedia layanan data center terpercaya di Asia Tenggara serta memenuhi kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi dewasa ini.

Sekedar catatan, Anthoni Salim sebelumnya telah mulai masuk ke bisnis data center melalui kerjasama dengan IndoKeppel dan investasi di CBN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper