Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adhi Commuter Properti (ACP) Tawarkan Obligasi Rp500 Miliar, Simak Kuponnya!

PT Adhi Commuter Properti (ACP) akan mengeluarkan obligasi tersebut dalam dua seri dengan kupon dobel digit.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  08:17 WIB
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. - Istimewa
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adhi Commuter Properti (ACP) anak usaha PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) akan mengeluarkan surat utang atau obligasi baru sebanyak-banyaknya sebesar Rp500 miliar.

Berdasarkan prospektus yang disampaikan dalam koran Bisnis Indonesia, Senin (10/5/2021), anak usaha jasa konstruksi BUMN tersebut akan mengeluarkan obligasi dalam dua seri.

Pertama, obligasi seri A dengan jumlah pokok obligasi seri A yang ditawarkan sebesar Rp328 miliar dengan tingkat bunga sebesar 10,5 persen per tahun yang berjangka waktu 367 hari kalender sejak tanggal emisi.

Kedua, obligasi seri B dengan jumlah pokok obligasi seri B yang ditawarkan sebesar Rp9 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 11 persen per tahun yang berjangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi.

"Sisa dari jumlah obligasi yang ditawarkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp163 miliar pada obligasi seri A dan seri Bakan dijamin secara kesanggupan terbaik [best effort]. Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka atas sisa yang tidak terjual tersebut tidak menjadi kewajiban perseroan untuk menerbitkan obligasi tersebut," urai prospektus.

Adapun, bunga obligasi akan dibayarkan setiap triwulan, bunga obligasi pertama akan dibayarkan pada 20 Agustus 2021.

Sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi akan dibayarkan pada 27 Mei 2022 untuk Obligasi seri A dan 20 Mei 2024 untuk seri B. Pelunasan masing-masing obligasi akan dilakukan secara penuh pada saat jatuh tempo.

Sementara itu, jadwal yang disiapkan tanggal efektif pada 7 Mei 2021, Masa Penawaran Umum pada 11 dan 17 Mei 2021, Tanggal Penjatahan 18 Mei 2021, Tanggal Distribusi Obligasi dan Obligasi Subordinasi secara elektronik pada 20 Mei 2021. Terakhir pencatatan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 21 Mei 2021.

Selain itu, yang akan berperan sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi yakni PT Sucor Sekuritas dan penjamin emisi obligasi PT Aldiracita Sekuritas Indonesia. Sementara, Wali Amanat PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR).

Sucor Sekuritas akan menjadi penjamin pelaksana emisi obligasi untuk Seri A sebesar Rp296 miliar dan Seri B Rp2 miliar sehingga total Rp298 miliar. Sementara, Aldiracita Sekuritas menjadi penjamin emisi obligasi seri A sebesar Rp32 miliar dan Seri B Rp7 miliar sehingga total Rp39 miliar.

Dengan demikian, total kedua penjamin ini siap menjamin Rp337 miliar dari total obligasi yang sebanyak-banyaknya akan diterbitkan ACP sebesar Rp500 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi adhi karya obligasi korporasi Adhi Commuter Properti
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top