Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISRA 2021: 33 Perusahaan Raih Penghargaan, Mulai BUMN hingga Swasta

Perusahaan pemenang penghargaan terbagi menjadi 3 kelompok perusahaan yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan publik, dan perusahaan swasta.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 22 April 2021  |  13:06 WIB
Tangkapan layar acara Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021
Tangkapan layar acara Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 33 perusahaan menerima penghargaan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021 hari ini, Kamis (22/4/2021).

Perusahaan pemenang penghargaan terbagi menjadi 3 kelompok perusahaan yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan publik, dan perusahaan swasta.

Terkait dengan penilaian, perusahaan-perusahaan yang memenangkan penghargaan memiliki CSR yang memiliki komitmen (embedded), feasible (dapat dilakukan), memiliki dampak yang efektif terhadap penerima program, terukur secara Social Return of Investment, serta memiliki program yang inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Nasional Habitat For Humanity Indonesia Susanto Samsudin dan perwakilan tim juri mengatakan proses penjurian hanya dilakukan dalam waktu 2 bulan melalui daring.

“Verifikasi data terbatas, jadi kita banyak melakukan kuesioner dan presentasi,” jelas Susanto pada acara penghargaan BISRA 2021, Kamis (22/4/2021).

Terdapat 5 macam penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah melalui serangkaian seleksi oleh tim juri. Penghargaan pertama yang diberikan adalah Certificate Appreciation Corporate Social Responsibility Program, dengan kategori penghargaan Platinum, Gold, dan Silver.

Untuk kategori Platinum, pemenang dari BUMN terdiri dari PT PLN (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Sementara, dari perusahaan publik yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk, dan PT Kalbe Farma Tbk.

Lalu, untuk perusahaan swasta terdiri dari PT Royal Lestari Utama dam Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Pada kategori Gold, pemenang dari BUMN meliputi PT WIJAYA KARYA (PERSERO) Tbk, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT KERETA API INDONESIA (PERSERO), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Len Industri (Persero).

Untuk pemenang dari perusahaan publik terdiri dari PT Adaro Energy Tbk, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Cikarang Listrindo Tbk.

Sementara pemenang dari perusahaan swasta yaitu PT Tri Investama (Danone-AQUA), PT Zurich Indonesia, dan PT Posco Indonesia Inti.

Selanjutnya, pemenang kategori Silver untuk penghargaan Certificate Appreciation Corporate Social Responsibility Program dari BUMN yaitu PT PELABUHAN INDONESIA IV. Lalu, dari perusahaan publik yaitu PT HM Sampoerna Tbk, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT Transkon Jaya Tbk, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart).

Sementara untuk pemenang kategori Silver dari perusahaan swasta yaitu PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Astra Honda Motor, dan PT TELEKOMUNIKASI SELULAR.

Adapun, penghargaan BISRA 2021 juga terbagi ke sejumlah kategori lain yaitu The Best Award For Community Development/Empowerment, The Best Award for Disaster Management, The Best Award for Volunteer, dan Special Award.

Untuk pemenang The Best Award For Community Development/Empowerment, tim juri turut memberikan penghargaan kepada tiga kelompok perusahaan. Pemenang terdiri dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (BUMN), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (perusahaan publik), dan PT Royal Lestari Utama (perusahaan swasta).

Lalu, tim juri memberikan penghargaan The Best Award for Disaster Management kepada PT Cikarang Listrindo Tbk, sebagai perusahaan yang dinilai memiliki kontribusi terbaik dalam program terkait dengan kebencanaan.

Sementara, tim juri menganugerahkan The Best Award for Volunteer kepada PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., yang dinilai aktif dalam mengajak karyawannya untuk berpartisipasi dalam program CSR.

Penghargaan terakhir, Special Award, diberikan kepada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Susanto mengatakan CSR di Indonesia lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Dia menyebut hanya ada 2 negara di Asia-Pasifik yang mengharuskan CSR bagi perusahaan.

“Kita harusnya bangga, CSR Indonesia lebih maju dibandingkan negara-negara lain,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr Bisnis Indonesia Award
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top