Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi Capai Rp70 Triliun, Pemerintah Segera Bentuk Bursa Kripto

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyamoaikan bursa kripto nantinya akan berguna sebagai wadah perdagangan aset kripto dan juga berfungsi sebagai regulator perdagangan.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  15:50 WIB
Cryptocurrency - Istimewa
Cryptocurrency - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan akan menyediakan bursa tersendiri untuk perdagangan komoditas uang digital atau yang dikenal dengan kripto dalam waktu dekat.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyamoaikan bursa kripto nantinya akan berguna sebagai wadah perdagangan aset kripto dan juga berfungsi sebagai regulator perdagangan.

"Dalam waktu dekat in mungkin bulan-bulan ini atau bulan depan, itu nanti akan ada bursa yang secara khusus akan mengatur dan juga menjadikan tempat market place untuk mengatur adanya perdagangan komoditas kripto ini," kata Jerry dalam webinar Masa Depan Aset Kripto pada Kamis (25/3/2021).

Pembentukan bursa ini juga merujuk pada potensi pasar kripto yang dinilai pemerintah cukup menjanjikan. Jerry menyampaikan berdasarkan data yang dikumpulkan nilai transaksi aset kripto di Indonesia sepanjang tahun 2020 mencapai Rp64 triliun.

Sementara itu jika dilihat hingga Februari 2021, perdagangan aset kripto di Indonesia mencapai Rp70 triliun. Angka tersebut ungkap Jerry adalah angka yang sangat tinggi dan signifikan.

"Artinya, ini semua menunjukkan arah ke depannya bahwa aset digital, komoditas digital ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Atau mungkin salah satu pilar utama untuk meningkatkan trading kita," ungkap Jerry.

Pembentukan bursa kripto ini dipercaya akan memperluas pasar dan menguntungkan di Indonesia, karena selama ini aset kripto kebanyakan dilakukan oleh peritel dan mungkin hanya mengandalkan perdagangan di luar negeri.

Jerry menjelaskan bursa kripto hadir untuk meregulasi dan mengorganisir, dan juga terkait dengan kebutuhan wadah untuk perdagangan secara khusus. Dengan demikian, transaksi kripto akan lebih meningkat, terbuka, transparan, dan aman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian perdagangan bitcoin cryptocurrency Jerry Sambuaga
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top