Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Kertas Sinar Mas (INKP) Racik Obligasi Rp3,25 Triliun

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. akan menerbitkan obligasi berkelanjutan I Indah Kiat Pulp & Paper Tahap IV Tahun 2021 dengan jumlah pokok sekitar Rp3,25 triliun dalam 3 seri.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  14:08 WIB
Direktur Utama PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Hendra Jaya Kosasih (ketiga kanan) berbincang dengan Komisaris Utama Saleh Husin (ketiga kiri), Komisaris Independen Pande Putu Raka (dari kiri), Direktur Yan Partawidjaja, Direktur Kurniawan Yuwono dan Komisaris Kosim Sutiono sebelum RUPST, di Jakarta, Rabu (27/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Hendra Jaya Kosasih (ketiga kanan) berbincang dengan Komisaris Utama Saleh Husin (ketiga kiri), Komisaris Independen Pande Putu Raka (dari kiri), Direktur Yan Partawidjaja, Direktur Kurniawan Yuwono dan Komisaris Kosim Sutiono sebelum RUPST, di Jakarta, Rabu (27/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen kertas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk., mengemisi obligasi dengan jumlah pokok hingga Rp3,25 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, emiten berkode saham INKP itu akan menerbitkan obligasi berkelanjutan I Indah Kiat Pulp & Paper Tahap IV Tahun 2021 dengan jumlah pokok sekitar Rp3,25 triliun dalam 3 seri.

Lebih perinci, seri pertama memiliki jumlah pokok Rp1,08 triliun dengan tenor 370 hari kalender terhitung sejak tanggal emisi dan berkupon 7,25 persen, seri kedua senilai Rp1,89 triliun dengan tenor 3 tahun berkupon 9,5 persen, dan seri ketiga senilai Rp277,7 miliar dengan tenor 5 tahun berkupon 10,25 persen.

Adapun, obligasi itu termasuk ke dalam program penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi berkelanjutan I Indah Kiat Pulp & Paper dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp10 triliun.

Manajemen Indah Kiat Pulp & Paper menjelaskan bahwa dana hasil emisi obligasi itu setelah dikurangi dengan biaya emisi terkait akan digunakan sekitar 60 persen untuk pembayaran angsuran utang perseroan berupa pokok pinjaman dan/atau bunga.

“Sementara itu, sisanya akan dipergunakan untuk modal kerja perseroan antara lain pembelian bahan baku, bahan pembantu produksi, energi dan bahan bakar, barang kemasan, dan biaya overhead,” tulis Manajemen Indah Kiat Pulp & Paper dikutip dari prospektusnya, Rabu (3/3/2021).

Di sisi lain, obligasi ini tidak dijamin dengan jaminan khusus berupa benda atau pendapatan atau aktiva lain milik perseroan dalam bentuk apapun serta tidak dijamin oleh pihak manapun.

Surat utang ini mendapatkan peringkat A+ atau single A plus dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Bertindak sebagai penjamin pelaksana dan emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Binaartha Sekuritas PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Maybank Kim Eng Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas, PT Sucor Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

PT Bank KB Bukopin Tbk. akan bertindak sebagai wali amanat. Obligasi ini direncanakan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 24 Maret 2021, dengan masa penawaran umum pada 16 dan 17 Maret 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi sinar mas obligasi korporasi indah kiat
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top