Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Milik Grup Djarum (TOWR) Siap Bidik Menara Indosat

TOWR memastikan bakal berpartisipasi dalam lelang bila Indosat jadi melego 4.000 menara yang mereka miliki tahun ini.
Teknisi melakukan perawatan jaringan di salah satu menara BTS, di Bandung, Jawa Barat./JIBI-Rachman
Teknisi melakukan perawatan jaringan di salah satu menara BTS, di Bandung, Jawa Barat./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) menjual 4.000 unit menara yang mereka miliki untuk fokus ke segmen bisnis operator seluler disambut positif oleh perusahaan menara Grup Djarum, PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).

Wakil Direktur Utama TOWR Adam Gifari mengatakan perusahaannya siap mengikuti lelang untuk mengakuisisi sebagian menara Indosat. Menurut Adam, adanya rencana penjualan tersebut sejalan dengan rencana TOWR untuk terus melakukan ekspansi jumlah menara pada tahun ini.

"Mengakuisisi menara juga merupakan strategi kami. Kami ingin menumbuhkan ekspansi organik maupun anorganik. Saya kira kami bisa janjikan kami akan berusaha membidiknya [menara Indosat], karena leverage dari akuisisi menara juga cukup menjanjikan," tutur Adam dalam webinar yang diadakan MNC Sekuritas, Rabu (3/3/2021) hari ini.

Sebagai informasi, per 30 September 2020 lalu, TOWR tercatat telah memiliki jumlah menara sebanyak 21.373.

Adapun untuk tahun ini, TOWR mematok anggaran belanja modal 3,25 triliun dan membidik pertumbuhan pendapatan organik di kisaran 8 persen.

Saat ini, TOWR belum bisa menjabarkan kinerja akhir tahun lantaran laporan keuangan masih dalam proses audit. Namun, bila melihat gambaran kasar, mereka menyebut kinerja tahun 2020 relatif positif sehingga proyeksi untuk 2021 pun diperkirakan masih akan menjanjikan.

"Hingga kuartal IV kemarin kita masih ada dalam tahun pandemi. Kami tetap bekerja keras, dan melihat adanya pertumbuhan," imbuhnya. 

Rencana penjualan 4.000 menara Indosat pertama kali dibeberkan perusahaan tersebut pada pertengahan Februari 2021 lalu. Selain TOWR, emiten kompetitor PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) juga disebut-sebut berminat dengan menara milik ISAT.

Ini bukan kali pertama ISAT melego menara. Pada 2017 silam, operator seluler ini melakukan manuver penjualan serupa dengan anak usaha TOWR, Protelindo menjadi pembeli bersama TBIG.

"Kalau lihat di 2019 kami menjual sejumlah menara ketika sudah dinormalisasi hal-hal tersebut, kami ada peningkatan signifikan terhadap pengurangan biaya, inilah yang direfleksikan dalam kinerja kami menjadi meningkat," tutur Chief Operation Officer Indosat Vikhram Sinha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper