Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Panggil Pemegang Obligasi, Surya Internusa (SSIA) : Pembayaran Sesuai Jadwal

Obligasi Berkelanjutan I Surya Semesta Internusa Tahap I Tahun 2016 Seri B memiliki pokok senilai Rp390 miliar dengan bunga 10,5 persen per tahun. Perseroan telah memanggil pemegang obligasi untuk meminta pengesampingan beberapa syarat obligasi.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  16:04 WIB
Salah satu sudut di kawasan industri Suryacipta, Karawang. Kawasan industri ini dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya, anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk. - suryacipta.com
Salah satu sudut di kawasan industri Suryacipta, Karawang. Kawasan industri ini dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya, anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk. - suryacipta.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pengembang lahan industri PT Surya Semesta Internusa Tbk. menegaskan pemanggilan para pemegang obligasi perseroan bukan untuk meminta keringanan pembayaran surat utang. 

VP Investor Relations and Corporate Communications Surya Internusa Erlin Budiman mengatakan bahwa pemanggilan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) untuk pemegang Obligasi Berkelanjutan I Surya Semesta Internusa Tahap I Tahun 2016 Seri B bukan untuk keringanan pembayaran.

“Pembayaran saat ini masih sesuai jatuh tempo, hanya [membahas] beberapa covenant, detail-nya baru akan diumumkan saat RUPO,” kata Erlin kepada Bisnis, Selasa (23/2/2021).

Dalam pengumuman pemanggilan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO), emiten dengan kode saham SSIA itu memanggil pemegang Obligasi Berkelanjutan I Surya Semesta Internusa Tahap I Tahun 2016 Seri B.

RUPO itu akan dilaksanakan pada 8 Maret 2021 dengan dua agenda. Agenda pertama yaitu permintaan persetujuan atas pengesampingan dan perubahan beberapa ketentuan di Pasal 10 ayat 3.

Beberapa ketentuan itu a.l.  perjanjian perwaliamanatan mengenai batas minimum hasil pemeringkatan obligasi, pengesampingan pemenuhan kewajiban emiten terhadap ketentuan Pasal 10 ayat 3 butir e, serta perjanjian perwaliamanatan mengenai pemenuhan kondisi keuangan Interest Coverage Ratio untuk laporan keuangan per 30 Desember 2020.

“[Permintaan persetujuan itu] Dengan memperhatikan penjelasan emiten atas performance keuangan dan hasil pemeringkatan obligasi,” tulis manajemen Surya Semesta Internusa, dikutip Selasa (23/2/2021).

Agenda RUPO kedua adalah hal-hal yang berhubungan dengan agenda pertama. Adapun, wali amanat dari obligasi milik emiten dengan kode saham SSIA ini adalah PT Bank Permata Tbk.

Pemegang Obligasi Berkelanjutan I Surya Semesta Internusa Tahap I Tahun 2016 Seri B memiliki pokok senilai Rp390 miliar dengan bunga 10,5 persen per tahun. Surat utang ini memiliki tenor 5 tahun setelah diterbitkan pada 2016 dan akan jatuh tempo pada 22 September 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi surya semesta internusa
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top