Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar Emiten Prospektif Raup Untung dari Ekspor

Perusahaan konsumer dengan basis ekspor kuat seperti PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) dan PT Kino Indonesia Tbk. (KINO) akan lebih diuntungkan setidaknya mulai semester pertama tahun ini.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  18:20 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyaksikan proses produksi PT Mayora Indah Tbk saat melakukan kunjungan kerja di Tangerang, Banten, 18 September 2020.  - Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyaksikan proses produksi PT Mayora Indah Tbk saat melakukan kunjungan kerja di Tangerang, Banten, 18 September 2020. - Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA - Analis menilai emiten dengan pasar ekspor luar negeri bakal diuntungkan setidaknya mulai semester I/2021.

Analis RHB Sekuritas Michael Wilson Setjoadi menjelaskan permintaan dari luar negeri yang tinggi bakal mengimbangi penurunan daya beli yang terjadi di dalam negeri.

“Menurut saya kalau ekspor sudah pasti akan tumbuh lebih cepat tahun ini dibandingkan yang mengandalkan pasar domestik karena perekonomian domestik kita lihat belum membaik,” jelas Michael kepada Bisnis, Senin (22/2/2021).

Michael menunjukkan beberapa perusahaan konsumer dengan basis ekspor kuat seperti PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) dan PT Kino Indonesia Tbk. (KINO) akan lebih diuntungkan setidaknya mulai semester pertama tahun ini.

Melihat upaya MYOR memperluas pasar ekspor dengan menjadi sponsor di drama Korea Selatan baru-baru ini, hal itu dinilai dapat meningkatkan brand awareness dari produk perseroan. Dengan demikian, penjualan produk MYOR di pasar negara existing bakal bisa lebih terkerek.

Sedangkan emiten konsumer lainnya seperti PT Unilever Indonesia Tbk. dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP), maupun PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. dinilai bisa lebih menggenjot ekspor lagi untuk dapat menyeimbangkan kinerja.

Sejak awal tahun ini sejumlah emiten sudah menyiapkan ancang-ancang untuk menangkap momentum pelonggaran lockdown di sejumlah negara agar kembali masuk memasarkan produknya.

Selain MYOR yang masuk lewat sponsor drama Korea, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP) berencana memperluas cakupan ekspor hingga ke Uni Eropa.

Sementara itu, SIDO berencana menaikkan kontribusi pendapatan ekspor hingga 5 persen terhadap pendapatan perseroan tahun ini melihat pemulihan permintaan mulai terjadi sejak kuartal IV/2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor Kinerja Emiten indofood cbp sukses makmur mayora
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top