Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MNC Studios (MSIN) Siapkan Movieland di KEK Lido, Begini Rencana Pengembangannya!

Presiden Direktur MNC Studios International Ella Kartika menjelaskan Movieland tersebut mengusung konsep pusat industri film dan serial drama terintegrasi.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  17:27 WIB
Chairman MNC Group Hary Tanoeseodibjo (tengah) berbincang dengan Direktur Independen PT MNC Studios International Tbk Endang Mayawati (dari kiri), Direktur Utama Ella Kartika, Direktur Valencia Tanoesoedibjo dan Direktur Dewi Tembaga seusai acara penawaran umum perdana saham PT MNC Studios International di Jakarta, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Chairman MNC Group Hary Tanoeseodibjo (tengah) berbincang dengan Direktur Independen PT MNC Studios International Tbk Endang Mayawati (dari kiri), Direktur Utama Ella Kartika, Direktur Valencia Tanoesoedibjo dan Direktur Dewi Tembaga seusai acara penawaran umum perdana saham PT MNC Studios International di Jakarta, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk. mulai membangun Movieland di kawasan MNC Lido City yang baru saja ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Presiden Direktur MNC Studios International Ella Kartika menjelaskan Movieland tersebut mengusung konsep pusat industri film dan serial drama terintegrasi. Nantinya Movieland itu akan dijadikan perseroan sebagai tempat memproduksi konten film maupun seri drama.

“Pendirian Movieland memungkinkan perseroan untuk meningkatkan kemampuan produksi kontennya dengan kualitas on-screen yang berstandar internasional,” paparnya dalam keterbukaan informasi, Senin (15/2/2021).

Emiten berkode saham MSIN tersebut mengungkapkan Movieland akan dibangun dengan konsep luar dan dalam ruang untuk menunjang produksi perfilman. Di dalamnya juga akan disediakan peralatan teknologi berkelas seperti kamera, sistem suara, hingga fasilitas lain untuk mendukung proses pascaproduksi.

Untuk di area terbuka, Movieland akan membangun kawasan shooting seperti area perumahan elit, pemukiman, dan nuansa pedesaan. Di sekitarnya akan didukung pula dengan fasilitas lain seperti SPBU, rumah sakit, halte bus, stasiun kereta api, bahkan bandar udara.

Selain itu juga disiapkan area lain untuk shooting adegan kolosal di area terbuka yang lebih fleksibel termasuk area berlatar kerajaan-kerajaan Indonesia di masa lampau.

Untuk syuting dalam ruang, MSIN akan menyiapkan studio indoor seluas 1.500 meter persegi di dalam Movieland. Studio tersebut akan dilengkapi layar hijau raksasa beserta set khusus lain untuk. mendukung produksi film dan serial drama.

Selain Movieland, beberapa fasilitas lain yang dibangun di dalam MNC Lido City seperti Republic Music Festival (Music Festival Venue), World Garden, International Golf Club yang dirancang oleh Ernie Els, Taman Nasional, World Class Theme Park, dan lainnya juga akan dimanfaatkan MSIN untuk kegiatan produksi.

Adapun, MNC Lido City yang dikembangkan oleh PT MNC Land Tbk. (KPIG) di Bogor, Jawa Barat, telah ditetapkan sebagai KEK Pariwisata setelah memperoleh persetujuan Dewan Nasional KEK.

Dengan status sebagai KEK Pariwisata, MNC Lido City akan menikmati berbagai fasilitas dan insentif pajak.

Untuk pajak, kawasan tersebut akan mendapatkan a.l. insentif pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai & pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk & pajak impor, cukai, serta berbagai keringanan perizinan lainnya.

Ella memaparkan Movieland dibangun untuk meningkatkan sineas lokal dan asing di Indonesia yang telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

"Kami telah menyiapkan Movieland sebagai kompleks produksi dinamis yang mengintegrasikan semua tahapan produksi dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi dalam lingkungan yang terkendali sehingga biaya produksi menjadi efisien," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc group mnc kek
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top