Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Reli 3 Sesi di Tengah Pelemahan Dolar AS

Harga emas menguat 3 hari beruntun akibat penurunan dolar AS dan rencana peluncuran stimulus fiskal jumbo di AS.
Seorang karyawan memegang beberapa butiran emas di Perth Mint Refiner./ Carla Gottgens - Bloomberg
Seorang karyawan memegang beberapa butiran emas di Perth Mint Refiner./ Carla Gottgens - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas menguat lagi pada akhir perdagangan Selasa (9/2/2021) atau Rabu pagi WIB, memperpanjang kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut, karena penurunan dolar AS.

Selain itu, harapan lebih banyak stimulus fiskal Amerika Serikat meningkatkan daya tarik emas di antara investor yang mencari lindung nilai inflasi.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi COMEX New York Exchange, naik 3,3 poin atau 0,18 persen menjadi US$1.837,50 per ounce pada Selasa (9/2/2021). Sehari sebelumnya, Senin (8/2/2021), emas berjangka melonjak 21,2 poin atau 1,17 persen menjadi US$1.834,20.

"Perdagangan reflasi benar-benar mulai menetap, dan emas diuntungkan dari pelemahan dolar lagi, dan stimulus menjadi fokus utama," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, dikutip dari Reuters, yang dikutip dari Antara.

"Emas akan menarik sejumlah besar dari aliran-aliran karena ketidakpastian dengan pemulihan ekonomi global dan juga Federal Reserve AS akan menjadi sangat akomodatif untuk beberapa waktu."

Anggota parlemen AS dipersenjatai dengan garis besar anggaran mendorong paket bantuan COVID-19 senilai US$1,9triliun dari Presiden AS Joe Biden melalui Kongres tanpa dukungan Partai Republik, dengan undang-undang tersebut kemungkinan akan disahkan sebelum 15 Maret.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang yang kemungkinan besar diakibatkan oleh langkah-langkah stimulus yang meluas.

Meningkatkan daya tarik emas bagi pemegang mata uang lainnya, dolar AS merosot ke level terendah lebih dari satu minggu. Investor menunggu pidato Ketua Fed Jerome Powell di hadapan acara virtual Klub Ekonomi di New York pada pukul pada Rabu.

Emas mendapat dukungan tambahan ketika Federasi Bisnis Independen Nasional melaporkan bahwa indeks optimisme usaha kecilnya turun menjadi 95,0 pada Januari dari 95,9 pada Desember dan tiga poin di bawah rata-rata 47 tahun di 98.

Beberapa analis pasar juga percaya bahwa pembelian bitcoin oleh Tesla Motors menguntungkan emas, karena melemahkan dolar, meskipun tidak banyak bukti yang mendukung gagasan tersebut.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 17,4 sen atau 0,63 persen menjadi ditutup pada US$27,402 per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 19,2 poin atau 1,63 persen menjadi menetap di US$1.194,4 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper