Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Agro (SMAR) Siapkan Obligasi Rp825 Miliar, Simak Jadwalnya!

SMAR akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap III Tahun 2021 dengan jumlah pokok Rp825 miliar.
Produk minyak goreng dengan merek dagang filma. Minyak goreng merupakan salah satu produk dari PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk./smart-tbk.com
Produk minyak goreng dengan merek dagang filma. Minyak goreng merupakan salah satu produk dari PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk./smart-tbk.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perkebunan sawit dan pengolahan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMAR) bakal menerbitkan obligasi senilai Rp825 miliar yang terdiri dari 3 seri.

Dalam keterbukaan informasi di Kustodian Sentral Efek Indonesia pada Jumat (29/1/2021), SMAR akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap III Tahun 2021 dengan jumlah pokok Rp825 miliar. Surat utang itu merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan II SMART dengan target dana Rp3 triliun.

SMAR sudah menerbitkan dua obligasi sebelumnya, yakni dengan nilai emisi Rp775 miliar pada 3 April 2020 dan nilai emisi Rp1,4 triliun pada 22 Oktober 2020. Adapun, Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap III Tahun 2021 terdiri dari 3 seri.

Seri A dengan jumlah pokok Rp225 miliar dengan bunga tetap 7,25 persen per tahun. Pembayaran bunga setiap triwulan, jatuh tempo pada 1 Maret 2022, dan tenor 370 hari kalender.

Seri B dengan jumlah pokok Rp380 miliar dengan bunga tetap 9 persen per tahun. Pembayaran bunga setiap triwulan, jatuh tempo pada 19 Februari 2024, dan tenor 3 tahun.

Seri C dengan jumlah pokok Rp220 miliar dengan bunga tetap 9,5 persen per tahun. Pembayaran bunga setiap triwulan, jatuh tempo pada 19 Februari 2026, dan tenor 5 tahun.

Jadwal penawaran umum obligasi SMAR tersebut adalah sebagai berikut.

Tanggal efektif : 27 Maret 2020
Masa Penawaran umum : 10,11, dan 15 Februari 2021
Tanggal Penjatahan : 17 Februari 2021
Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan : 19 Februari 2021
Tanggal Distribusi Obligasi Elektronik : 19 Februari 2021
Tanggal Pencatatan di BEI : 22 Februari 2021
Tanggal Pembayaran Bunga Pertama : 19 Mei 2021.

Bertindak sebagai pelaksana emisi obligasi ialah PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas, dan PT Sucor Sekuritas.

"Dalam rangka penerbitan obligasi, SMAR telah mendapatkan pemeringkatan A+ dari Pefindo," papar manajemen SMAR.

Pemesanan pembelian Obligasi harus dilakukan dalam jumlah sekurang-kurangnya sebesar satu satuan perdagangan sebesar Rp5 juta dan/atau kelipatannya.

Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap III Tahun 2021 setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan oleh Perseroan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka pendek dan pokok utang bank jangka panjang.

Perseroan akan menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum secara berkala setiap 6 (enam) bulan kepada OJK dan Wali Amanat serta memperpertanggungjawabkan dalam setiap RUPS Tahunan sampai dengan seluruh dana hasil Penawaran Umum telah direalisasikan sesuai dengan POJK No. 30/2015 tentang Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper