Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Beberapa anggota Keluarga Eka Tjipta Widjaja harus menghadapi gugatan akibat warisan berupa aset beberapa perusahaan di Grup Sinarmas. (Tjiwi Kimia)
Premium

Emiten Kertas Sinarmas Siapkan Capex US$284 Juta, Pilih TKIM atau INKP?

27 Januari 2021 | 13:40 WIB
Total capex TKIM dan INKP mencapai US$284 juta pada 2021. Prospek kinerja keuangan dan saham emiten bagian Asia Pulp & Paper itu masih cerah tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten kertas Grup Sinarmas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM) dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. (INKP), telah menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure dengan total sekitar US$284 juta sederet rencana pada 2021.

Bisnis kertas melalui TKIM dan INKP menjadi salah satu sumber kekayaan Grup Sinarmas. Laporan Forbes menunjukkan Keluarga Widjaja menempati urutan kedua daftar orang terkaya Indonesia periode 2020 dengan nilai kekayaan bersih US$11,9 miliar per 12 Desember 2020.

Di tengah pandemi Covid-19, TKIM dan INKP masih mampu membukukan pertumbuhan kinerja keuangan sampai dengan kuartal III/2020. Pencapaian laba bersih dua produsen kertas itu naik dua digit secara tahunan.

TKIM mencetak laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$168,26 juta pada kuartal III/2020 atau tumbuh 10,35 persen year on year (yoy).

Untuk periode yang sama, INKP membukukan pertumbuhan laba bersih 20,75 persen secara tahunan menjadi US$287,46 juta.

Dua emiten bagian Asia Pulp & Paper (APP) itu telah menyiapkan strategi untuk menjaga kinerja keuangan dan pengembangan usaha pada 2021. Rencana itu diungkapkan oleh Direktur APP Suhendra Wiriadinata.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top