Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Otomotif Belum Pulih, MPM Grup (MPMX) Siapkan Capex Rp700 Miliar

Manajemen PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. menyatakan sebagian besar capex atau belanja modal akan digunakan untuk kegiatan rutin pembelian unit kendaraan baru dan ekspansi MPMRent.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  15:43 WIB
MPMRent saat ini telah memiliki kantor cabang di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi dengan jumlah mobil lebih dari 12.000 unit.  - MPMRent
MPMRent saat ini telah memiliki kantor cabang di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi dengan jumlah mobil lebih dari 12.000 unit. - MPMRent

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten distributor sepeda motor PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) mencanangkan belanja modal hingga Rp700 miliar yang sebagian besar digunakan untuk pembelian rutin unit kendaraan baru untuk kegiatan rental anak usahanya.

GM Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Mustika Natalia Lusnita menuturkan terus berupaya menjaga kinerja positif pada laba bersih perusahaan. Pihaknya juga tetap mencanangkan belanja modal atau capital expenditure (capex) dengan jumlah yang cukup. 

"Untuk tahun 2021 ini MPMX menganggarkan capex sebesar Rp600 miliar--Rp700 miliar yang sebagian besar akan digunakan untuk kegiatan rutin pembelian unit kendaraan baru untuk kegiatan usaha rental MPM Rent, unit usaha anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Rent," katanya kepada Bisnis, Rabu (20/1/2021).

Emiten bersandi MPMX ini masih mencoba realistis mengingat industri otomotif belum sepenuhnya pulih pasca terhantam pandemi Covid-19. Namun, dia optimistis bahwa strategi efisiensi yang dijalankan pada 2020 ini dapat berjalan dengan baik hingga 2021.

"Optimisme pasar yang semakin baik dan berangsur pulih kami yakini akan berdampak pada sektor ritel dan distribusi sehingga dapat meningkatkan realisasi penjualan," katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, MPMX terus berkoordinasi dengan mitra-mitra leasing Perseroan untuk mempermudah penyaluran leasing. Di sektor transportasi dan asuransi, MPMX terus berupaya mengembangkan portofolio produk ke konsumen yang diharapkan secara langsung dapat meningkatkan penjualan pada 2021.

Sepanjang 2020, MPMX memproyeksikan akan mencatatkan penurunan pendapatan sekitar 25 persen-30 persen dari realisasi pendapatan tahun 2019. Pada 2019, emiten berkode saham MPMX tersebut membukukan pendapatan sebesar Rp16,81 triliun. Dengan demikian, pendapatan MPMX pada 2020 diestimasi berkisar Rp 11,77 triliun-Rp 12,61 triliun pada 2020.

Adapun, pergerakan saham MPMX ditutup di zona hijau pada perdagangan hari ini, Rabu (20/1/2021) dengan tumbuh 2,97 persen ke level 520. Secara year to date (YTD) kinerja sahamnya anjlok hingga 21,8 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capex mpmx PT.Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top