Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anggarkan Rp3,22 Triliun, PTPP dan CNI Teruskan Proyek Smelter Feronikel

Proyek tersebut memiliki nilai kontrak sebesar Rp1,01 triliun pekerjaan Fase 2 (Jalur Produksi 2) dan Rp2,21 Triliun untuk pekerjaan Fase 4 (Jalur Produksi 5 dan 6).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 21 November 2020  |  06:50 WIB
Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) dan PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) kembali melanjutkan kerja sama dalam pembangunan proyek pabrik peleburan (smelter) feronikel di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kali ini, CNI dan PP bekerja sama pembangunan Pabrik Peleburan (Smelter) Feronikel Fase 2 (Jalur Produksi 2) dan Fase 4 (Jalur Produksi 5 dan 6), di Blok Lapaopao di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Proyek tersebut memiliki nilai kontrak sebesar Rp1,01 triliun pekerjaan Fase 2 (Jalur Produksi 2) dan Rp2,21 Triliun untuk pekerjaan Fase 4 (Jalur Produksi 5 dan 6). Masa pelaksanaan pekerjaan selama 26 bulan untuk pekerjaan Jalur Produksi 2 dan 34 bulan untuk pekerjaan Jalur Produksi 5 dan 6.

Direktur Utama CNI Derian Sakmiwata menilai kerja sama lanjutan kedua pihak tersebut dalam rangka mempercepat infrastruktur smelter feronikel PT CNI. PTPP menurutnya telah menunjukkan kiprahnya dalam mendukung kemajuan industri di dalam negeri, termasuk industri smelter.

"Kami berharap kerja sama ini makin memperkuat daya saing industri dalam negeri, termasuk PT CNI yang saat ini sedang membangun smelter feronikel," katanya dalam keterangan, Sabtu (21/11/2020).

Derian mengungkapkan, saat ini smelter CNI sedang dipersiapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh pemerintah. Melalui pembangunan ini kata Derian, hilirisasi nikel bisa lebih dipercepat.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mendukung penuh pembangunan smelter Feronikel CNI setelah sukses dipercaya mengerjakan Fase 1 untuk Jalur Produksi 1 bersama dengan China ENFI Engineering Corporation (ENFI) selaku desain engineering.

"Berbekal pengalaman dan kualitas pekerjaan yang dimiliki oleh Perseroan, kami yakin dapat menyelesaikan perkerjaan pembangunan sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan,” ujar Novel.

Menurutnya, proyek pembangunan smelter feronikel ini sangat strategis bagi kepentingan nasional secara jangka panjang. Proyek ini, jelasnya,bertujuan nasional, salah satunya dalam mempersiapkan infrastruktur strategis.

PTPP berharap di masa mendatang, proyek ini tidak hanya berdampak pada aspek bisnis dan ekonomi tetapi juga ada transfer knowledge di dalamnya," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smelter Nikel ptpp
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top