Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waskita Karya (WSKT) Siapkan IPO Anak Usaha, Ada yang Asetnya Rp72 Triliun Lho

Waskita Karya (WSKT) berniat mengantarkan salah satu anak usaha untuk menggelar initial public offering (IPO) pada tahun depan. Dari 3 anak usaha yang belum IPO, PT Waskita Toll Road (WTR) menjadi anak usaha dengan aset terbesar.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  12:04 WIB
Gedung Waskita Heritage. Gedung ini merupakan kantor pusat PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terletak di Jalan M.T Haryono, Jakarta. - istimewa
Gedung Waskita Heritage. Gedung ini merupakan kantor pusat PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terletak di Jalan M.T Haryono, Jakarta. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Waskita Karya (Persero) Tbk. berencana mengantarkan anak usahanya untuk mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun depan. Ada empat anak usaha Waskita Karya yang berpotensi melepas saham ke publik, menyusul PT Waskita Beton Precast Tbk. yang sudah IPO (initial public offering) pada 2016.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan rencana IPO diharapkan bisa membuat anak usaha perseroan bisa mengembangkan lini usaha yang digeluti. Dia belum mau membeberkan anak usaha mana yang akan dilepas lewat skema IPO. 

“Saat ini kami lagi melakukan persiapan untuk itu [IPO] supaya target yang kami dapat bisa maksimal,” jelasnya dalam paparan publik secara daring, Selasa (27/10/2020).

Berdasarkan catatan Bisnis, sejumlah anak usaha emiten berkode saham WSKT itu memang sempat dikabarkan akan menggelar IPO. Nama yang bermunculan antara lain PT Waskita Karya Realty dan PT Waskita Toll Road.

WSKT memiliki satu entitas anak usaha yang telah IPO yakni PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP). Perseroan resmi melantai pada 20 September 2016 dengan harga pelaksanaan Rp490. 

Hingga saat ini, WSBP tercatat anak usaha BUMN yang paling sukses menggelar IPO dengan perolehan dana sebanyak Rp5,16 terbesar. Jumlah tersebut menjadi yang paling besar dibandingkan dengan anak usaha BUMN lainnya.

Sejauh ini, Waskita Karya memiliki empat anak usaha yang dimiliki secara langsung, yaitu PT Waskita Toll Road (WTR), PT PT Waskita Karya Realty (WKR), dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI).

Per Juni 2020, WTR menjadi anak usaha dengan aset paling besar, yaitu Rp72,89 triliun. Sementara itu, aset WKR dan WKI  masing-masing mencapai Rp5,35 triliun dan Rp811,55 miliar.

Namun, dari sisi profitabilitas, WTR justru masih membebani induk dengan kerugian bersih periode berjalan Rp610 miliar. Adapun WKR dan WKI mencetak laba Rp26,78 miliar dan Rp5,32 miliar.

Seperti namanya, WTR bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. WTR memiliki 16 konsesi jalan tol dengan kepemilikan saham bervariasi. Sementara itu, WKR bergelut di bisnis properti, mulai dari pengembangan hunian, perkantoran, hotel, maupun kawasan mixed use

Untuk investasi di luar jalan tol, Waskita Karya mengerahkan WKI. Sejauh ini WKI sudah memiliki 2 pembangkit listrik tenaga mikro hidro dan satu pabrik fabrikasi baja. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo waskita karya
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top