Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Update Vaksin Covid-19 Bio Farma: Harga Rp200.000, Tahap Uji Fase 3

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan kisaran harga vaksin Covid-19 di Indonesia Rp200.000.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  13:05 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri), Ketua Pelaksana Komite Penanganan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir (kedua kanan), dan R&D Director Sinovac Gao Qiang. - Antara
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri), Ketua Pelaksana Komite Penanganan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir (kedua kanan), dan R&D Director Sinovac Gao Qiang. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Holding BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) menjelaskan progres vaksinan untuk pengobatan Covid-19. Di sisi lain, perusahaan memastikan harga vaksin tidak akan memberatkan pemerintah.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan kisaran harga vaksin Covid-19 di Indonesia Rp200.000. Hal itu disampaikan untuk menanggapi pemberitaan yang menyatakan bahwa Sinovac sudah meneken kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil dengan harga US$1,96 per dosis.

“Informasi harga vaksin Covid-19 di Brazil telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak US$90 juta dengan pemerintah Brazil tidak tepat dan mengenai harga US$1,96 per dosis pun tidak tepat sebab biaya pengiriman tiap dosisnya pun sekitar U$S2,” paparnya dalam siaran pers, Selasa (13/10/2020).

Honesti mengatakan perseroan berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin Covid-19 dengan harga terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia. Dalam surat resmi yang disampaikan oleh Sinovac, ada beberapa faktor yang menentukan harga vaksin Covid-19.

Salah satu faktor yang menentukan harga yakni investasi pada studi klinis fase 3 terutama uji efikasi dalam skala besar. Demikian juga dengan penentuan harga di Indonesia akan mengikuti prinsip tersebut.

“Dengan kata lain, skema pemberian harga vaksin Covid-19 ini, tidak dapat disamakan,” imbuhnya.

Uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 masih berjalan pada pekan kedua Oktober 2020. Bio Farma melaporkan sebanyak 843 relawan sudah mendapat penyuntikan kedua sampai dengan 9 Oktober 2020.

Adapun, 449 relawan dalam tahap pengambilan darah pasca penyuntikan kedua atau masuk periode monitoring. Uji klinis tahap 3 diklaim berjalan lancar dan belum ada dilaporkan kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius akibat pemberitan suntikan calon vaksin Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN Vaksin bio farma
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top