Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bursa Eropa Catat Penguatan Mingguan Terbaik Sejak Awal Agustsus

Indeks Stoxx Europe 600 mengakhiri sesi dengan kenaikan 0,1 persen. Sepanjang pekan ini, indeks menguat 1,7 persen.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 12 September 2020  |  05:53 WIB
Logo WSE terletak di panel kaca di dekat layar elektronik yang menunjukkan kurva indeks dan data keuangan di Bursa Efek Warsawa di Warsawa. -  Bartek Sadowski / Bloomberg
Logo WSE terletak di panel kaca di dekat layar elektronik yang menunjukkan kurva indeks dan data keuangan di Bursa Efek Warsawa di Warsawa. - Bartek Sadowski / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menutup minggu fluktuatif dengan kenaikan mingguan terbesar sejak awal Agustus pada perdagangan Jumat (11/9/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 mengakhiri sesi dengan kenaikan 0,1 persen. Penurunan sektor perbankan dan perjalanan diimbangi oleh lonjakan saham sektor pertambangan. Sepanjang pekan ini, indeks menguat 1,7 persen.

Sementara itu, indeks FTSE 100 Inggris menguat 0,5 persen, didukung oleh pelemahan mata uang poundsterling di tengah kekhawatiran atas berakhirnya proses transisi Brexit tanpa kesepakatan.

Berita merger dan akuisisi menjadi fokus investor setelah Next Private melonjak 24 persen menyusul kesepakatan untuk mengakuisisi Altice. Sementara Aryzta mengatakan sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan Manajemen Elliott tentang potensi pengambilalihan. Saham Aryzta menguat lebih dari 12 persen.

Bursa Eropa telah tertahan dalam kisaran sempit sejak pertengahan Juni. Kenaikan euro telah menjadi penekan kinerja relatif bursa terhadap saham global. Euro melanjutkan penguatannya terhadap dolar AS setelah Bank Sentral Eropa mengeatakan tidak perlu melakukan intervensi.

Analis teknikal Donner & Reuschel Privatbank, Martin Utschneider mengatakan pasar modal masih sangat sensitif dalam jangka pendek dan rentan terhadap berita negatif dan tak terduga.

“Ini juga terjadi pada konferensi pers ECB kemarin. Lindung nilai, stop loss, atau profit taking akan terus dijaga atau disesuaikan dengan ketat," ungkapnya, seperti dikutip Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx europe 600
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top