Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garap IPP Gas, MEDC Bentuk Joint Venture dengan Kansai Electric

Usaha patungan tersebut akan menyatukan keahlian teknis Kansai Electric dengan pengalaman Medco Power sebagai perusahaan yang mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik di Indonesia.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 07 September 2020  |  13:46 WIB
Akticitas pengemoran migas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) di Laut Natuna Selatan. - MedoEnergi.com
Akticitas pengemoran migas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) di Laut Natuna Selatan. - MedoEnergi.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten minyak dan gas, PT Medco Energi Internasional Tbk., melalui anak usahanya menandatangani kesepakatan usaha patungan atau joing venture dengan perusahaan listrik terbesar asal Jepang, Kansai Electric Power Company.

CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato menjelaskan bahwa melalui aliansi strategis tersebut entitas usaha perseroan, PT Medco Power Indonesia, dan Kansai Electric akan membentuk unit usaha baru di bidang pembangkit tenaga listrik independen berbahan bakar gas (IPP Gas) dan jasa operasi dan pemeliharaan.

Dia mengatakan bahwa joint venture itu akan menyatukan keahlian teknis Kansai Electric dengan pengalaman Medco Power sebagai perusahaan yang mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik di Indonesia.

 “Kolaborasi teknis dan finansial antara Medco Power dan Kansai Electric ini akan membuka potensi dan pengembangan perusahaan kami pada sektor ketenagalistrikan di Indonesia, sejalan dengan strategi perseroan untuk menjadi pemain sektor energi terkemuka,” ujar Lorato seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (7/9/2020).

Sementara itu, Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan bahwa penandatangan aliansi strategis tersebut akan memperkuat posisi Medco Power untuk terus berekspansi.

“Aliansi dengan Kansai Electric akan memperkuat kapabilitas Medco Power untuk dapat terus mengembangkan bisnis Gas IPP dan O&M di Indonesia melalui penerapan teknologi terkini dengan standar internasional yang tinggi,” ujar Eka.

Untuk diketahui, PT Medco Power didirikan pada 2004 dan telah menjadi salah satu Produsen Listrik Independen terkemuka di Indonesia untuk tenaga listrik berbahan bakar gas dan energi terbarukan.

Saat ini, Medco Power memiliki kapasitas bruto lebih dari 3,3 GW dalam bisnis gabungan IPP dan O&M, di 18 lokasi di Indonesia. 

Di sisi lain, Kansai Electric adalah salah satu perusahaan listrik terbesar di Jepang, dengan lini bisnis mulai dari pengadaan bahan bakar, pembangkit listrik, penjualan, dan jasa. 

Kansai Electric beroperasi di 13 negara yang tersebar di Asia, Eropa, dan AS dengan total kapasitas pembangkit 33,5 GW, dimana sebesar 2,8 GW berlokasi di luar Jepang.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco energi internasional joint venture
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top