Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Humpuss Intermoda Transportasi (HITS) Batal Tebar Dividen Saham

Usulan pembagian dividen saham ditolak oleh pemegang saham mayoritas. Pemegang saham mayoritas ingin saham treasuri yag semula diusulkan dibagikan untuk dibiden dijual sebagai tambahan modal
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  18:00 WIB
Kapal tanker gas Ekaputra 1. Pengangkutan gas merupakan salah satu lini usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. - hits.co.id
Kapal tanker gas Ekaputra 1. Pengangkutan gas merupakan salah satu lini usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. - hits.co.id

Bisnis.com,JAKARTA—  Emiten pelayaran PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. batal membagikan dividen saham untuk tahun buku 2019.

Humpuss Intermoda Transportasi telah menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Senin (24/8/2020). Salah satu agenda yang dibahas yakni pembahasan usulan pembagian dividen.

Komisaris Utama Humpuss Intermoda Transportasi Theo Lekatompessy mengungkapkan dividen saham usulan direksi untuk tahun buku 2019 ditolak oleh pemegang saham mayoritas. Menurutnya, pemegang saham meminta agar saham tersebut dijual sebagai tambahan modal perseroan untuk pengembangan usaha.

“Tidak ada dividen untuk 2019. Untuk periode 2020, diharapkan ada dividen interim dalam bentuk tunai,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (25/8/2020).

Sebelumnya, emiten berkode saham HITS itu mengumumkan rencana membagikan dividen saham senilai Rp6,58 miliar kepada pemegang saham. Dividen saham yang akan dibagikan berasal dari saham treasuri atau saham simpanan perseroan.

Total saham treasuri mencapai 263,49 lembar atau setara dengan US$8,95 juta per 31 Desember 2019. Jumlah tersebut setara Rp13,17 miliar bila dikonversi ke rupiah.

Kendati demikian, HITS tidak akan membagikan seluruh saham treasuri sebagai dividen saham. Jumlah yang ditawarkan sebanyak separuh atau 50 persen.

Dengan demikian, jumlah saham treasuri yang akan dibagikan untuk dividen mencapai 131.747.188 lembar saham atau setara dengan Rp6,58 miliar.

"Setiap pemegang saham yang memiliki satu saham perseroan akan memperoleh sebanyak 0,02 saham bonus dengan nilai nominal sebesar Rp50," tulis manajemen HITS lewat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (21/8/20200).

Adapun, rencananya penetapan harga dividen saham adalah harga pasar saham penutupan perdagangan satu hari sebelum rapat umum pemegang saham (RUPS).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen humpuss
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top