Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anak Usaha Kalbe Farma (KLBF) Dikabarkan Bakal IPO, Bidik Dana Rp7,3 Triliun

PT Kalbe Farma Tbk. disebut bakal menghimpun dana lewat IPO anak usaha PT Sanghiang Perkasa dengan target dana US$500 juta.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  15:48 WIB
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dalam rapat umum pemegang saham 2019 di Jakarta, Senin (18/5/2020).  - Kalbe
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dalam rapat umum pemegang saham 2019 di Jakarta, Senin (18/5/2020). - Kalbe

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kalbe Farma Tbk. disebut akan membawa anak usahanya yaitu PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) melantai di bursa lewat penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui jalannya diskusi, IPO unit bisnis makanan-minuman kesehatan dari Kalbe Farma ini mengincar dana senilai US$500 juta atau Rp7,3 triliun (kurs rupiah Rp14.670 per dolar AS).

“Kalbe Farma sedang mencari penasihat untuk membantu penawaran saham perdana,” kata sumber tersebut, seperti dikutip dari Bloomberg pada Senin (24/8/2020).

Adapun proses IPO ini diharapkan bisa terlaksana secepatnya pada tahun ini di Bursa Efek Indonesia.

Apabila realisasi, IPO dari anak usaha emiten bersandi saham KLBF ini akan menjadi yang terbesar sejak pencatatan saham perdana PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada 2011 yang senilai Rp4,75 triliun.

IPO jumbo yang sudah jarang terlihat di lantai bursa inipun berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sejak awal tahun, BEI baru menerima IPO dengan nilai US$285 juta atau himpunan dana terendah sejak 2009.

“Pembicaraan mengenai penjualan saham Sanghiang masih berlanjut dan rinciannya masih dapat berubah,” imbuh sumber tadi.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan pihaknya tengah menjajaki ekspansi bisnis melalui pendanaan dari pasar modal dan perbankan untuk semua lini usaha.

“Perusahaan belum memiliki rencana spesifik untuk IPO anak usaha saat ini,” kata Vidjongtius.

Pada penutupan perdagangan hari ini, Senin (24/8/2020), saham Kalbe Farma terkoreksi 5 poin atau 0,31 persen ke posisi 1.600. Saham berkode KLBF dibuka di posisi 1.610 atau lebih tinggi dari penutupan terakhir pada pekan lalu. Sepanjang perdagangan saham KLBF bergerak di rentang 1.585 hingga 1.620.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo kalbe farma
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top