Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendapatan Hotel Fitra (FITT) Turun Hampir 50 Persen

Hotel Fitra (FITT) mencatat penurunan pendapatan hingga 49 persen di semester I/2020. Pendapatan turun seiring dengan penurunan okupansi hotel sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  14:09 WIB
Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Wayan Yetna (dari kiri)  berbincamg dengan Direktur PT Hotel Fitra International Tbk (HFI)  Tomi Tris, Direktur Utama Joni Rizal, Direktur Sukino dan Komisaris Independen Ida Haerani saat pencatatan perdana saham HFI, di Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Wayan Yetna (dari kiri) berbincamg dengan Direktur PT Hotel Fitra International Tbk (HFI) Tomi Tris, Direktur Utama Joni Rizal, Direktur Sukino dan Komisaris Independen Ida Haerani saat pencatatan perdana saham HFI, di Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hotel Fitra International Tbk, pengelola Hotel Fitra Majalengka mencatat penurunan pendapatan yang dalam pada semester I/2020.

Per Juni 2020, pendapatan perseroan mencapai Rp2,07 miliar atau turun 49 persen dibandingkan dengan posisi Juni 2019.Pendapatan terbesar perusahaan masih berasal dari jasa hotel sebesar Rp 1,11 miliar, kemudian disusul lini bisnis breakfast, pendapatan dari banquet, food and beverage, laundry, transportasi, dan lainnya.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, penurunan pendapatan membuat rugi bersih bertambah. Sepanjang enam bulan pertama 2020, emiten bersandi saham FITT itu menderita rugi bersih Rp5,21 miliar, lebih besar dibandingkan dengan posisi semester I/2019 sebanyak Rp3,45 miliar.

Direktur Utama Hotel Fitra Joni Rizal mengatakan pandemi Covid-19 menerpa hampir semua sektor bisnis di Tanah Air termasuk sektor properti, real estate, dan jasa perhotelan. Dia menambahkan, kondisi makro ekonomi saat ini belum sepenuhnya mendukung industri perhotelan apalagi di tengah pandemi.”

“Prospek bisnis Perseroan pada tahun 2020 ini sudah barang tentu akan penuh dengan tantangan sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, dimana perhotelan termasuk salah satu sektor usaha yang mengalami pukulan yang sangat berat,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (24/8/2020).

Direktur Operasional Hotel Fitra Tomi Tris menambahkan di tengah iklim usaha yang cukup berat, perseroan akan terus meningkatkan inovasi, memperkuat tim riset, pengembangan dan strategi bisnis yang jitu baik offline maupun online/ daring.

“Untuk memanfaatkan hal ini, kami akan terus merumuskan strategi-strategi dan terus berinovasi untuk mencapai visi Perseroan untuk menjadi hotel terkemuka dan bernilai di Indonesia,” jelasnya.

Tahun lalu, indikator pencapaian hasil terbaik Hotel Fitra dapat dilihat dari pertumbuhan tingkat hunian kamar yaitu sebesar 60,66 persen meningkat 8,1 persen bila dibandingkan tahun 2018 sebesar 52,55 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel Kinerja Emiten covid-19
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top