Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Hotel Fitra (FITT) Turun Hampir 50 Persen

Hotel Fitra (FITT) mencatat penurunan pendapatan hingga 49 persen di semester I/2020. Pendapatan turun seiring dengan penurunan okupansi hotel sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).
Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Wayan Yetna (dari kiri)  berbincamg dengan Direktur PT Hotel Fitra International Tbk (HFI)  Tomi Tris, Direktur Utama Joni Rizal, Direktur Sukino dan Komisaris Independen Ida Haerani saat pencatatan perdana saham HFI, di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Wayan Yetna (dari kiri) berbincamg dengan Direktur PT Hotel Fitra International Tbk (HFI) Tomi Tris, Direktur Utama Joni Rizal, Direktur Sukino dan Komisaris Independen Ida Haerani saat pencatatan perdana saham HFI, di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hotel Fitra International Tbk, pengelola Hotel Fitra Majalengka mencatat penurunan pendapatan yang dalam pada semester I/2020.

Per Juni 2020, pendapatan perseroan mencapai Rp2,07 miliar atau turun 49 persen dibandingkan dengan posisi Juni 2019.Pendapatan terbesar perusahaan masih berasal dari jasa hotel sebesar Rp 1,11 miliar, kemudian disusul lini bisnis breakfast, pendapatan dari banquet, food and beverage, laundry, transportasi, dan lainnya.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, penurunan pendapatan membuat rugi bersih bertambah. Sepanjang enam bulan pertama 2020, emiten bersandi saham FITT itu menderita rugi bersih Rp5,21 miliar, lebih besar dibandingkan dengan posisi semester I/2019 sebanyak Rp3,45 miliar.

Direktur Utama Hotel Fitra Joni Rizal mengatakan pandemi Covid-19 menerpa hampir semua sektor bisnis di Tanah Air termasuk sektor properti, real estate, dan jasa perhotelan. Dia menambahkan, kondisi makro ekonomi saat ini belum sepenuhnya mendukung industri perhotelan apalagi di tengah pandemi.”

“Prospek bisnis Perseroan pada tahun 2020 ini sudah barang tentu akan penuh dengan tantangan sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, dimana perhotelan termasuk salah satu sektor usaha yang mengalami pukulan yang sangat berat,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (24/8/2020).

Direktur Operasional Hotel Fitra Tomi Tris menambahkan di tengah iklim usaha yang cukup berat, perseroan akan terus meningkatkan inovasi, memperkuat tim riset, pengembangan dan strategi bisnis yang jitu baik offline maupun online/ daring.

“Untuk memanfaatkan hal ini, kami akan terus merumuskan strategi-strategi dan terus berinovasi untuk mencapai visi Perseroan untuk menjadi hotel terkemuka dan bernilai di Indonesia,” jelasnya.

Tahun lalu, indikator pencapaian hasil terbaik Hotel Fitra dapat dilihat dari pertumbuhan tingkat hunian kamar yaitu sebesar 60,66 persen meningkat 8,1 persen bila dibandingkan tahun 2018 sebesar 52,55 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper