Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! Pidato Jokowi Bikin IHSG Reli 5 Hari Beruntun

IHSG menguat tipis pada perdagangan hari ini, Jumat (14/8/2020). Dalam sepekan terakhir, IHSG menguat 2,02 persen.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  15:11 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 8,4 poin atau 0, 16 persen ke level 5.247,69 pada perdagangan hari ini, Jumat (14/8/2020). Pelaku pasar merespon terhadap pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo perihal nota keuangan RUU APBN 2021.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG dibuka di level 5.239,25 dan bergera di rentang 5.221,92 hingga 5.255,37 sepanjang perdagangan hari ini. Penguatan ini sekaliguskan membuat IHSG mencetak reli 5 hari beruntun.

Berdasarkan sektor, keuangan dan pertambangan menjadi sektor penopang penguatan IHSG dengan kenaikan masing-masing 0,46 persen dan 0,95 persen. Sementara itu, saham-saham di sektor perdagangan dan properti turun 1,12 persen dan 0,75 persen.

Sebanyak 170 saham menguat, 237 saham melemah, dan 291 saham stagnan pada perdagangan hari ini. Saham PT Bank Central Asia Tbk. dan PT Gudang Garam Tbk memimpin penguatan dengan kenaikan masing-masing 0,87 persen dan 3,24 persen.

Sementara itu, saham PT Smartfren Telecom Tbk. dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi dua saham penekan indeks. Saham BMRI dan FREN masing-masing turun 0,41 persen dan 6,67 persen.

Untuk diketahui, IHSG sempat parkir di zona merah pada akhir sesi pertama. Namun, indeks berbalik menguat bersamaan dengan penyampaian pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo.  Hari ini, Jokowi menyampaikan pidato pengantar nota keuangan RUU APBN 2021 mulai pukul 14.30 WIB.

Jokowi memaparkan sejumlah hal, antara lain pertumbuhan ekonomi pada 2021 akan berada pada kisaran 4,5 persen hingga 5,5 persen. Pertumbuhan ekonomi tahun depan diperkirakan masih akan ditopang oleh konsumsi domestik dan investasi.

"Tingkat pertumbuhan ekonomi ini diharapkan didukung oleh peningkatan konsumsi domestik dan investasi sebagai motor penggerak utama," katanya.

Menurut Jokowi pemerintah juga menganggarkan Rp414 triliun untuk pembangunan infrastruktur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021.

Dia mengatakan pembangunan infrastruktur diutamakan untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama sebelumnya mengatakan bahwa pasar sesungguhnya menanggapi positif terhadap pidato tahunan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang memberikan optimisme untuk melawan krisis akibat pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi IHSG apbn
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top