Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukit Darmo Property (BKDP) Andalkan Pendapatan Sewa Mall

Kinerja pendapatan tahun ini mayoritas didapat dari bisnis sewa mal dengan kontribusi di atas 50 persen atau meningkat dibandingkan sebelumnya hanya 42 persen.
Bukit Darmo Property/BKDP
Bukit Darmo Property/BKDP

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bukit Darmo Property Tbk. pada semester II/2020 ini akan lebih mengandalkan kinerja persewaan Lenmarc Mall Surabaya untuk mengejar target pendapatan 2020 setidaknya tercapai sama seperti tahun lalu.

Direktur Bukit Darmo Brasada Chandra mengatakan memang kinerja pendapatan tahun ini mayoritas didapat dari bisnis sewa mal dengan kontribusi di atas 50 persen atau meningkat dibandingkan sebelumnya hanya 42 persen. Namun sejak pandemi Covid-19, diakui pendapatan dari sewa mal anjlok sehingga mempengaruhi kinerja keseluruhan.

"Harapan kita di semester II nanti pendapatannya tidak kurang dari tahun lalu. Memang benar pandemi itu, mau tidak mau sangat berdampak terutama terhadap ritel mal dan para tenant," katanya dalam Paparan Publik, Jumat (14/8/2020).

Dia mengatakan selama pandemi terjadi pihaknya pun memberikan relaksasi kepada para tenant yang menyewa sebagai strategi untuk mempertahankan okupansi mal yang kini mencapai 75 persen.

"Bahkan setelah ekonomi dibuka kembali, di semester II ini sudah ada 2 tenant baru yang komitmen untuk mengisi di Lenmarc Mall yakni tempat hiburan anak Kidzilla dan Executive Lounge," katanya.

Adapun pada 2019 perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp22,2 miliar dan rugi bersih Rp15,2 miliar. Sedangkan pada semester I/2020, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp16,6 miliar, dengan rugi bersih Rp13,4 miliar.

Direktur Marketing Bukit Darmo, Lelena Sumampow menambahkan sampai akhir tahun ini perseroan akan terus menyelesaikan proyek yang sudah ada yakni pembangunan ballroom dengan kapasitas 2.000 pax kursi, dan luas area gedung 4.700 m2, atau luas total lahan termasuk area parkir yakni 26.000 m2.

"Nilai investasi untuk ballroom Rp250 miliar, pembangunannya terus dikebut. Termasuk proyek hotel yang beberapa kali terjadi re-schedule, tapi kita tetapkan proyek ini selesai tahun ini juga, perkiraan November selesai karena progres sudah 73 persen," jelasnya.

Dia menambahkan, perseroan saat ini juga tengah merencanakan proyek pembangunan apartemen dengan menyasar segmen menengah ke atas. Rencananya apartemen tersebut berada di sisi kanan Lenmarc Mall sebanyak 2 tower dengan total 900 unit.

Hanya saja, pengembangan apartemen kelas menengah di Surabaya Barat ini belum dapat dilakukan tahun ini mengingat kondisi pasar yang belum pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper