Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Vaksin dan Inflasi AS Jadi Perhatian Investor, Bagaimana Laju IHSG?

Pelaku pasar disebut akan mencermati perkembangan vaksin Covid-19 dan data inflasi AS dalam perdagangan hari ini, Kamis (13/8/2020).
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas,  Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com,JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan tren bullish pada sesi perdagangan Kamis (13/8/2020). Perkembangan vaksin Covid-19 dan sejumlah data makro ekonomi akan mewarnai pergerakan indeks.

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa IHSG naik 0,83 persen ke level 5.233,45 pada sesi perdagangan Rabu (12/8/2020). Investor asing memborong saham dengan nilai net buy Rp142,87 miliar dan saham-saham perbankan menempati daftar top net buy value.

Lanjar mengungkapkan secara teknikal IHSG melanjutkan penguatan dan tren positif mendekati area upper bollinger bands. Indikator Stokastik bergerak menjenuh di area overbought namun dari momentum masih memiliki peluang penguatan dari indikator RSI.

“Sehingga secara teknikal diperkirakan IHSG masih akan bergerak positif dengan support resistance 5.180–5.290,” ujarnya melalui riset harian, Kamis (13/8/2020).

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi saham  yang dapat dicermati secara teknikal antara lain ASII, BRPT, PTPP, PWON, SMGR, TLKM, TOWR, BBRI, BBNI, BMRI, dan BBTN.

Lanjar menyebut investor akan menanti data tingkat inflasi Amerika Serikat (AS). Beberapa data ekonomi China yang akan menjadi indikator juga ditunggu para pelaku pasar.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper memprediksi IHSG menguat pada sesi Kamis (13/8/2020). Secara teknikal, Stokastik mulai menyempit di area overbought mengindikasikan rentang penguatan sudah terbatas dan rentan koreksi.

“Penguatan masih didorong oleh optimisme terkait berita positif mengenai vaksin Covid-19. Investor akan mencermati beberapa data ekonomi yang akan segera dirilis,” paparnya.

Secara terpisah, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan bahwa support dan resistance berada di kisaran 5.172,37 dan 5.239,98 berdasarkan rasio fibonacci. Berdasarkan indikator, MACD, Stokastik, dan RSI menunjukkan sinyal positif.

“Di sisi lain, terlihat pola three advancing soldiers candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat,” tulisnya dalam riset harian.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni AALI, BEEF, BWPT, ERAA, LPCK, dan LSIP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper