Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gugat Sentul City (BKSL), Siapa Keluarga Bintoro?

Keluarga Bintoro merupakan pemilik perusahaan pembiayaan dan bank perkreditan rakyat (BPR).
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  14:31 WIB
Wakil Presiden Direktur J Trust Olympindo Multi Finance Teruhiko Miwa (kiri) Komisaris Utama Olympindo Multi Finance (OMF) Ang Andi Bintoro (kanan), dan Direktur J Trust Asia (JTA), Nobiru Adachi berpose usai penandatanganan akuisisi 60 persen saham OMF oleh J Trust Asia di Jakarta, Kamis (4/10/2018). - jto.co.id
Wakil Presiden Direktur J Trust Olympindo Multi Finance Teruhiko Miwa (kiri) Komisaris Utama Olympindo Multi Finance (OMF) Ang Andi Bintoro (kanan), dan Direktur J Trust Asia (JTA), Nobiru Adachi berpose usai penandatanganan akuisisi 60 persen saham OMF oleh J Trust Asia di Jakarta, Kamis (4/10/2018). - jto.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Sentul City Tbk mendapat gugatan kepailitan yang diajukan enam anggota keluarga Bintoro. Gugatan dilayangkan pada 7 Agustus 2020 lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Jakarta Pusat, gugatan didaftarkan dengan nomor 35/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Gugatan diajukan oleh Ang Andi Bintoro, Linda Karnadi, Meilyana Bintoro, Jimmy Bintoro, Silviana Bintoro, Denny Bintoro, dan Lida Karnadi. Keenam pihak penggugat diwakili oleh kuasa hukum Felix Haholongan Silalahi. Saat ini, status perkara dalam penunjukkan jurusita.

Lalu siapa sebetulnya sosok keluarga Bintoro?

Berdasarkan penelusuran Bisnis, keluarga Bintoro merupakan pemilik perusahaan pembiayaan PT Olympindo Multifinance. Pada 2018, J Trust Asia Pte. Ltd yang merupakan bagian dari J Trust Group melakukan akuisisi sebanyak 60 persen.

Olympindo Multifinance pun bersalin nama menjadi PT J Trust Olympindo Multi Finance. Sekadar informasi, J Trust pula lah yang membeli saham PT Bank Mutiara Tbk. dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bank Mutiara yang dahulu bernama Bank Century kemudian berganti nama menjadi PT Bank J Trust Indonesia Tbk.

Saat ini, management JTO Multi Finance juga ditempati beberapa anggota keluarga Bintoro. Berdasarkan informasi dari lama resmi JTO Finance, Ang Andi Bintoro menempati posisi komisaris utama. Adapun Jimmy Bintoro dan Meilyana Bintoro menjabat posisi komisaris dan wakil direktur utama.

JTO Finance sendiri didirikan pada 1993. Sekarang, perusahaan ini memiliki izin kegiatan usaha pembiayaan, investasi, pembiayaan modal kerja, dan pembiayaan multiguna. Total jaringan kantor cabang mencapai 39 lokasi di seluruh Indonesia.

Selain perusahaan pembiayaan, keluarga Bintoro juga memiliki sebuah bank perkreditan rakyat atau BPR. BPR tersebut bernama PT BPR Olympindo. BPR ini dimiliki Ang Andi Bintoro dengan porsi saham 67.5 persen.

Kemudian Linda Karnadi, Meilyana Bintoro, Jimmy Bintoro, dan Silviana Bintoro dengan porsi 7,5 persen hingga 10 persen. Selain sebagai pemilik saham, Jimmy Bintoro juga juga menjadi komisaris di BPR Olympindo.

BPR Olympindo didirikan pada 1990 dan memberikan pelayanan jasa keuangan dalam lingkup kegiatan BPR. Sejak berdiri sampai dengan saat ini lokasi kantor berada di Jalan Jatiwaringin Raya No.170 Pondok Gede, Bekasi. Sejak Februari 2009, BPR Olympindo membuka kantor Cabang di Tangerang Selatan.

Wakil Presiden Direktur J Trust Olympindo Multi Finance Teruhiko Miwa (kiri) bertukar naskah dengan Komisaris Utama Olympindo Multi Finance (OMF) Ang Andi Bintoro (kanan) disaksikan Direktur J Trust Asia (JTA), Nobiru Adachi, saat penandatanganan akuisisi 60 persen saham OMF oleh J Trust Asia yang berkedudukan di Singapura dan merupakan anak perusahaan finansial asal Jepang, J Trust Group, di Jakarta, Kamis (4/10).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sentul city suspensi pailit
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top