Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perekonomian Diyakini Pulih, IHSG Berpotensi Rebound

Sucor Sekuritas memperkirakan IHSG bakal melaju di rentang 5013 - 5310 pada perdagangan hari ini, Senin (10/8/2020).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  07:53 WIB
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi rebound pada perdagangan awal pekan ini. Menutup perdagangan Jumat (7/8/2020), IHSG melemah 0,66 persen ke level 5.143. Dalam sepekan terakhir indeks turun 0,11 persen.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani menjelaskan saat ini IHSG masih berada pada fase uptrend walaupun dalam sepekan sudah melemah. Pelemahan itu dinilai lebih dikarenakan koreksi pada awal pekan lalu karena investor mengantisipasi rilis data inflasi, produk domestik bruto (PDB), indeks manufaktur, cadangan devisa, dan laporan keuangan emiten.

"Secara teknikal masih ada potensi penguatan pada IHSG, support resisten pada level 5.013 - 5.310," kata Hendriko kepada Bisnis pada akhir pekan lalu.

Dia menunjukkan bahwa ke depan investor masih optimistis dengan prospek pemulihan ekonomi pascapandemi. Adapun, sentimen yang akan memengaruhi pergerakan indeks pada pekan ini adalah rilis data-data ekonomi seperti defisit neraca berjalan dan data penjualan ritel. Selain itu, indeks juga masih akan banyak dipengaruhi oleh rilis laporan keuangan kuartal II/2020 dari emiten.

Di sisi lain, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi dengan indikator Stokastik dan RSI yang terlihat menjenuh ke area dekat overbought. Kendati demikian, pergerakan indeks masih di jalur positif jangka menengah.

“Kami perkirakan IHSG berpotensi mengalami penguatan pada awal pekan dengan support resistance 5.106–5.210,” paparnya.

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal antara lain ACES, ANTM, BRPT, MAIN, RALS, SIMP, TOWR, dan WIKA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top