Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Eropa Catatkan Kenaikan Kuartal Tertinggi dalam 5 Tahun

Bursa Eropa yang naik 13 persen pada kuartal II/2020 mencatatkan kinejra terbaik sejak kuartal I/2015.
Stoxx./ Alex Kraus - Bloomberg
Stoxx./ Alex Kraus - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Eropa naik tipis pada Selasa (30/6/2020) dan mencatatkan kenaikan kuartalan terbaik sejak Maret 2015, karena investor terus mempertimbangkan pemulihan ekonomi kawasan terhadap risiko meningkatnya infeksi virus.

Dikuti[ dari Bloomberg, Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,13 persen menuju 360,34, setelah berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pandemi corona yang terburuk masih akan datang.

Saham teknologi dan penambang berkinerja lebih baik, sementara Royal Dutch Shell Plc menyeret saham energi lebih rendah. Stoxx berhasil naik 13 persen pada kuartal II/2020.

Ekuitas Eropa membukukan kenaikan bulanan ketiga berturut-turut, dibantu oleh langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya dan optimisme bahwa ekonomi utama dapat mengurangi penguncian tanpa memacu gelombang kedua infeksi virus corona.

Hal itu menguatkan saham kawasan Eropa untuk melanjutkan kinerja yang jarang terjadi di AS, tempat infeksi meningkat di beberapa negara bagian.

"Investor terus mempertimbangkan angka kasus corona yang meningkat terhadap tanda-tanda pemulihan ekonomi dan meningkatnya ketegangan AS - China," kata Fiona Cincotta, seorang analis pasar di City Index.

"Sementara meningkatnya angka corona dan gejolak di seluruh dunia membuat para investor tetap di ujung tanduk. Namun, meningkatnya data ekonomi membuat beberapa cara untuk mengalihkan perhatian para investor."

Secara historis, Eropa memasuki masa prime time. Juli adalah periode di mana Stoxx 600 telah membukukan kenaikan bulanan terbesar rata-rata selama dekade terakhir.

Semua kelompok industri naik di kuartal kedua, kecuali saham minyak dan gas, menderita dari masih lemahnya permintaan minyak mentah dan menunda atau memotong dividen di sektor ini.

Meskipun saham teknologi adalah top gainers terbesar, menutup kuartal terbaik mereka sejak tahun 2001, sebagian besar siklus telah mengungguli rekan-rekan defensif mereka pada periode tersebut. Produsen mobil melonjak paling tinggi dalam lima tahun dan penambang terbesar sejak 2010, sementara stok makanan dan minuman tertinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper