Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IHSG Bakal Fluktuatif, Cermati Saham Pilihan Hari Ini, Selasa 30 Juni

Secara teknikal pergerakan IHSG terkonsolidasi di level moving average 5 hari dan 20 hari serta bullish trend line jangka menengah.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  07:56 WIB
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan diprediksi masih bergerak fluktuatif pada sesi perdagangan terakhirnya semester I/2020.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) turun tipis 2,27 poin ke level 4.901,82 pada sesi Senin (29/6/2020). Katalis negatif dari global menekan momentum positif pergerakan indeks awal pekan.

Head of Research Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa secara teknikal pergerakan IHSG terkonsolidasi di level moving average 5 hari dan 20 hari serta bullish trend line jangka menengah.

Indikator Stokastik yang menghampiri area oversold akan menjadi sinyal reversal indeks selanjutnya meskipun dengan dorongan momentum yang belum begitu kuat. Lanjar menyebut indikator MACD bergerak bearish di signal line dengan histogram negatif.

“Secara teknikal, IHSG berpotensi kembali bergerak fluktuatif mencoba tutup pada zona hijau dengan support resistance 4.879-5.000,” jelasnya melalui riset, Selasa (30/6/2020).

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya TOWR, ANTM, GGRM, LPKR, MIKA, dan UNVR.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support pertama dan kedua memiliki kisaran level 4.865,27 hingga 4.778,71. Selanjutnya, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 4.975,54 dan 5.097,14.

Berdasarkan indikator, lanjut dia, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral.

“Kendati demikian, masih terlihat pola bullish doji star candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” tuturnya.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham AKRA, BEEF, BEST, BJBR, GGRM, HMSP, WEGE, dan PTBA untuk sesi penutupan perdagangan Juni 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top