Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Didorong Optimisme Stimulus, Bursa Eropa Ditutup Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,6 persen, kenaikan keenam dalam tujuh hari terakhir.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  05:45 WIB
Didorong Optimisme Stimulus, Bursa Eropa Ditutup Menguat
Stoxx. - Alex Kraus / Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa naik ke level tertinggi dalam hampir tiga bulan pada perdagangan Selasa (2/6/2020), didukung oleh optimisme terhadap pembukaan kembali ekonomi dan langkah-langkah stimulus terbaru.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,6 persen, kenaikan keenam dalam tujuh hari terakhir. Indeks DAX melonjak 3,8 persen karena pasar Jerman dibuka kembali setelah liburan dan Kanselir Angela Merkel berusaha untuk menengahi kompromi pada paket stimulus kedua.

Sementara itu,saham Deutsche Lufthansa AG naik 3,4 persen setelah maskapai ini mengatasi sebagian besar hambatan untuk menerima bailout pemerintah senilai US$10 miliar.

Bursa saham Eropa telah meraih kembali lebih dari setengah dari pelemahan akibat aksi jual yang dimulai pada bulan Februari. Pelonggaran lockdown serta gelontoran stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya meningkatkan sentimen, mengirim Stoxx 600 ke atas rata-rata pergerakan 100 hari untuk pertama kalinya sejak akhir Februari. Namun, meningkatnya ketegangan AS-Cina telah menahan beberapa kenaikan baru-baru ini.

"Sejauh ini, investor tetap fokus pada pembukaan kembali bisnis global, fakta bahwa jumlah kasus Covid baru tetap stabil karena ekonomi mulai beroperasi kembali dan tentu saja, dukungan fiskal dan moneter besar-besaran dari bank sentral dan pemerintah," kata Ipek Ozkardeskaya, analis senior di Bank Swissquote, seperti dikutip Bloomberg.

"Sentimen positif bahkan melebihi goyahnya kesepakatan fase pertama antara Beijing dan Washington," lanjutnya.

Indeks CAC 40 Prancis naik 2 persen bahkan setelah menteri keuangan negara itu mengatakan ekonominya akan mengalami resesi yang lebih dalam dari yang diperkirakan sebelumnya.

Saham siklis memimpinpenguatan pada hari Selasa, dipimpin oleh saham-saham sektor otomotif. Saham produsen mobil menguat setelah angka penjualan Mei dari tiga pasar mobil terbesar di kawasan itu menunjukkan penurunan permintaan karena pandemi Covid-19 mulai mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa bursa global ekonomi eropa

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top