Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PSBB Tak Ganggu Operasional Bisnis Distribusi Metrodata Electronics (MTDL)

Pada unit bisnis distribusi, operasional dan pengiriman barang masih berjalan seperti biasa karena kegiatan logistik dikecualikan dari PSBB.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  18:52 WIB
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA—Operasional bisnis emiten teknologi informatika dan komunikasi (TIK) PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) masih berjalan normal di tengah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Direktur MTDL Randy Kartadinata mengatakan lini bisnis perseroan terdiri dari beberapa unit bisnis yang dikecualikan dalam PSBB sehingga masih beroperasi secara normal, meskipun perseroan turut menerapkan work from home (WFH) bagi sebagian besar karyawannya.

Dia menuturkan pada unit bisnis distribusi, operasional dan pengiriman barang masih berjalan seperti biasa. Walaupun dia tak menampik tutupnya dealer atau toko-toko TIK dalam masa PSBB sedikit berdampak pada penjualan perseroan.

“Tapi para toko ini berusaha untuk menjual produknya secara online dalam memenuhi kebutuhan untuk WFH, jadi masih ada saja toko-toko yang melakukan pembelian barang dari kami,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (12/5/2020)

Selain itu, tambah Randy, pemberlakuan PSBB sejauh ini lebih terfokus di Pulau Jawa, sehingga penjualan MTDL ke luar Pulau Jawa cenderung masih berjalan baik. 

Sementara untuk unit bisnis lain MTDL, yakni unit bisnis solusi dan konsultasi yang  pelanggannya adalah perusahaan atau korporasi juga disebut masih bertumbuh, terutama penjualan kepada perusahaan yang harus memastikan infrastruktur TIK-nya berjalan baik di masa WFH. 

Namun, untuk kuartal II/2020, Randy mengaku belum dapat memperkirakan berapa besar pertumbuhan penjualan perseroan. Pasalnya, selain karena pandemi, kuartal ini juga berbarengan dengan momentum Ramadhan dan Lebaran yang mana biasanya terjadi penurunan penjualan. 

"Kuartal kedua belum bisa kami pastikan karena kita memasuki masa lebaran. Biasanya penjualan IT di masa lebaran menurun, jadi kami belum bisa memberikan estimasi," tutupnya.

Sementara itu berdasarkan publikasi perseroan, MTDL mencatatkan laba bersih sebesar Rp94,3 miliar di kuartal I/2020, atau naik 10,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp85,6 miliar. 

Capaian tersebut salah satunya ditopang pertumbuhan penjualan di seluruh lini bisnis sebesar 4,9 persen year on year, dari Rp3,2 triliun di Q1/2019 menjadi Rp3,4 triliun di Kuartal I/2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten metrodata
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top