Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Investor Nantikan Gelombang Data Ekonomi Berikutnya, Bursa Eropa Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat 1,03 persent atau 3,33 poin ke level 326,39 pada awal perdagangan hari ini, dengan sebagian besar indeks sektoral berada di zona hijau.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 April 2020  |  16:33 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham eropa menguat pada awal perdagangan Kamis (16/4/2020), bersama dengan futures indeks AS karena investor berusaha untuk mengukur dampak ekonomi dari virus Corona sambil menantikan gelombang laporan keuangan perusahaan dan data ekonomi berikutnya.

Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat 1,03 persent atau 3,33 poin ke level 326,39 pada awal perdagangan hari ini, dengan sebagian besar indeks sektoral berada di zona hijau.

Sementara itu, kontrak untuk tiga indeks utama Amerika Serikat juga menguat setelah indeks anjlok pada hari Rabu menyusul data ekonomi yang mengecewakan.

Pasar sekarang bersiap untuk angka klaim pengangguran minggua AS yang akan dirilis Kamis, setelah data perusahaan dan data ekonomi menyoroti pukulan keras dari penutupan industri dan perdagangan untuk memerangi penyebaran virus Corona.

Penjualan ritel AS dan output manufaktur mencatat penurunan terdalam pada bulan Maret, sedangkan survei pada bulan April terlihat lebih buruk. Manufaktur di negara bagian New York dan sentimen pembangun perumahan di AS anjlok.

"Realitas ekonomi dan realitas pendapatan perusahaan, pada tahap tertentu, perlu berdamai dengan pasar," Tai Hui, analis pasar Asia-Pasifik di JPMorgan Asset Management, seperti dikutip Bloomberg.

"Pasar belum sepenuhnya memperhitungkan ketidakpastian atau potensi risiko dalam hal penurunan peringkat pendapatan," lanjutnya.

"Kami tidak tahu seperti apa perekonomian pada tahun depan, ada banyak ketidakpastian seputar penyebaran virus," ungkap Mark Kiesel, kepala investasi kredit global di Pacific Investment Management Co, seperti dikutip Bloomberg.

"Kita belum keluar dari ketidakpastian, mungkin masih ada gelombang kedua."

Sementara itu, Presiden Donald Trump mengatakan data menunjukkan AS telah melewati puncak kasus penyebaran baru dan menambahkan dia akan mengumumkan pedoman pelonggaran aturan pembatasan sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indeks stoxx europe 600 bursa saham
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top