Emisi Obligasi Rp10 Triliun, Pegadaian Tunjuk 5 Penjamin Efek

Obligasi berkelanjutan ini dirancang untuk tenor 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  16:37 WIB
Emisi Obligasi Rp10 Triliun, Pegadaian Tunjuk 5 Penjamin Efek
Karyawan melayani nasabah di cabang Pegadaian Syariah, Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com , JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) akan menerbitkan obligasi berkelanjutan senilai Rp10 triliun mulai triwulan II/2020.

Direktur Keuangan Pegadaian Ninis Kesuma Adriani menuturkan obligasi ini dirancang untuk kebutuhan pendanaan perusahaan dalam 2 tahun ke depan. Untuk tahap awal obligasi akan ditawarkan kepada investor pada April 2020 .

"Obligasi prosesnya sedang berjalan, izin sudah kami dapat. Nilainya Rp10 triliun dalam dua tahun, untuk tahap awal kami terbitkan triwulan II/2020 ini," kata Ninis di sela pamaparan kinerja Pegadaian 2019 di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Emisi awal obligasi berkelanjutan ini disiapkan senilai Rp4 triliun. Perusahaan merancang dapat meluncurkan ke pasar pada April mendatang.

Untuk kelancaran peluncuran obligasi berkelanjutan ini, Pegadaian telah menunjuk lima sekuritas sebagai penjamin emisi efek. Sekuritas ini terdiri dari empat perusahaan yang terafiliasi dengan badan usaha milik negara dan satu manajer investasi dari swasta.

Para manajer investasi ini yakni Mandiri sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Indopremier.

Ninis menyebutkan obligasi ini akan dilepas dalam beberapa pilihan tenor yakni 1 tahun, 3 tahun, dan jangka panjang 5 tahun.

“Penentuan tenor obligasi ini akan diputuskan tergantung kondisi pasar surat utang ke depan,” katanya.

Dana dari obligasi ini, katanya sebagian digunakan untuk membayar surat utang jatuh tempo senilai Rp2,3 triliun. Selain itu juga digunakan untuk modal kerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pegadaian

Editor : Anggara Pernando
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top