Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siapkan Rp130 Miliar, Eastparc (EAST) Akan Bangun Hotel Bintang 4

Anggaran belanja yang digunakan dalam pembangunan hotel tersebut senilai Rp130 miliar.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  17:14 WIB
Eastparc Hotel Yogyakarta - Repro
Eastparc Hotel Yogyakarta - Repro

Bisnis.com, JAKARTA-Emiten hotel PT Eastparc Hotel Tbk. akan membangun hotel bintang empat bernama Eastparc View Hotel yang ditargetkan rampung pada akhir 2022.

Direktur Utama Eastparc Hotel Khalid bin Omar Abdat mengatakan perseroan akan mulai mengurus perizinan amdal dan IMB pada bulan ini dan diperkirakan izin-izin ini selesai dalam waktu 6-8 bulan ke depan. Dengan demikian, perseroan memulai pembangunan pada akhir 2020.

"Penyelesaian proyek Eastparc View Hotel akan ditargetkan selesai pada akhir 2022. Target ini juga tidak jauh dengan target penyelesaian proyek pemerintah untuk membangun jalan tol Yogyakarta-Solo, Yogyakarta-Bawen, dan Yogyakarta-Bandara Kulon Progo yang ditargetkan selesai pada 2023," ujarnya, Senin (9/12/2019).

Menurut Khalid, adanya jalan tol tersebut akan menjadi pintu masuk masyarakat luar kota untuk datang ke Yogyakarta sehingga hotel tersebut dapat menampung lebih banyak tamu dan memperluas pasar perseroan. Hotel Eastparc View Hotel ini nantinya dibangun dengan kapasitas sekitar 210 kamar dengan 8 ruang pertemuan dan dilengkapi fasilitas kolam renang serta permainan air dan berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2.

Anggaran belanja yang digunakan dalam pembangunan hotel tersebut senilai Rp130 miliar. Khalid mengatakan terdapat penghematan sekitar Rp20 miliar hingga Rp25 miliar dari rencana anggaran sebelumnya senilai Rp155 miliar karena proyek ini merupakan Kegiatan Membangun Sendiri (KMS).

Emiten dengan kode saham EAST tersebut sebelumnya melakukan proyek KMS saat membangun Eastparc Hotel Yogyakarta.

Sumber dana untuk membangun Eastparc View Hotel berasal dari dana IPO, warran yang diharapkan dikonversi, dan pendanaan internal. Jika belum mencukupi perseroan akan menggunakan pinjaman dari bank.

Direktur Pemasaran Eastparc Hotel Wahyudi Eko Sutoro menambahkan pihaknya membangun hotel bintang 4 tersebut karena perseroan ingin membentuk kompleks atau kawasan yang terdiri dari hotel bintang 5, 4, dan 3. Dengan ini maka akan terbentuk sinergi pengelolaan sehingga lebih efisien.

"Alasan eksternal pembangunan ini karena tingkat hunian kamar Eastparc Hotel yang sangat bagus, di kisaran 86%--88%, maka perseroan berkeyakinan untuk membangun hotel bintang 4 serta adanya Bandara Internasional di Kulon Progo diharapkan akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta," jelas Wahyudi.

Selain itu, dengan pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta, Solo-Yogyakarta, serta Yogyakarta-Cilacap diharapkan dapat menghubungkan Yogyakarta dengan kota-kota lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten properti Eastparc Hotel
Editor : Ana Noviani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top