Bakal Lepas Sebagian Aset Ophir, Ini Alasan Medco Energi Internasional (MEDC)

PT Medco Energi Internasional Tbk. mengincar penghematan US$30 juta dari sinergi Ophir Energy Plc.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 20 Agustus 2019  |  06:36 WIB
Bakal Lepas Sebagian Aset Ophir, Ini Alasan Medco Energi Internasional (MEDC)
Akticitas pengemoran migas PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) di Laut Natuna Selatan. - MedoEnergi.com

Bisnis.com, JAKARTA— PT Medco Energi Internasional Tbk. tengah memproses pelepasan aset-aset Ophir Energy Plc yang dinilai kurangan menguntungkan bagi perseroan.

Ronald Gunawan, Direktur Operasi Medco Energi Internasional, menuturkan perseroan berencana merilis atau melepas blok eksplorasi milik Ophir Energy Plc di sejumlah wilayah. Hal itu diputuskan emiten berkode saham MEDC itu dengan sejumlah pertimbangan.

“Kami melihat aset-aset [Ophir] yang high risk, investment besar, rencananya akan dirilis," ujarnya di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Ronald mengatakan langkah itu sebagai bagian dari integrasi Ophir. Saat ini, berlangsung proses untuk keluar dari blok eksplorasi di Vietnam dan Bangladesh, Blok R Equatorial Guinea, Blok 5, Meksiko, Aru, dan Papua Barat.

Selain pelepasan aset yang berisiko tinggi, sejumlah langkah lain juga dilakukan sebagai bagian dari integrasi Ophir. Salah satunya pengecilan sewa kantor pusat London.

Selanjutnya, dilakukan proses integrasi sistem dan organisasi. Pihaknya berharap langkah integrasi itu dapat menciptakan penghematan bagi perseroan.

Savings dari sinergi diperkirakan mencapai US$30 juta per tahun,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro mengatakan selesainya akuisisi Ophir menjadikan perseroan sebagai perusahaan minyak dan gas terkemuka di Asia Tenggara. Langkah itu memperkuat strategi perseroan dan memperluas kehadiran secara selektif.

“Kami yakin hal ini akan menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan,” ujarnya.

Manajemen MEDC menyebut aset Ophir melengkapi portofolio yang ada. Akuisisi tersebut akan meningkatkan proforma produksi periode 2019 sebesar 29% yakni 110 Milion Barrel Oil of Equivalent Per Day (Mboepd).

Adapun, gabungan cadangan 2P dan sumber daya 2C naik sebesar 86% menjadi 1.439 Million Barrels of Oil Equivalent (MMboe).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
medco

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top