Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Pefindo Turunkan Peringkat Utang Panorama Sentrawisata (PANR)

Penurunan peringkat PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) bertolak dari dampak volatilitas pendapatan perseroan, kompetisi yang ketat dan beban operasi tinggi akibat aksi korporasi.
Logo Pefindo/www.pefindo.com
Logo Pefindo/www.pefindo.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat perusahaan dan surat utang yang diterbitkan PT Panorama Sentrawisata Tbk. dari A- menjadi BBB+.

Analis Pefindo Niken Indriarsih mengatakan penurunan peringkat emiten berkode PANR itu bertolak dari dampak volatilitas pendapatan perseroan, kompetisi yang ketat dan beban operasi tinggi akibat aksi korporasi. Menurutnya, faktor tersebut perlu diantisipasi karena berpotensi menekan margin keuntungan.

Dia menuturkan meskipun perseroan berupaya menurunkan utang, leverage keuangan tetap agresif karena menghadapi tantangan untuk mencapai target pendapatan di tengah faktor penekan sektor pariwisata. Hal itu ditunjukkan dengan rasio utang terhadap EBITDA diproyeksi sebesar 5 kali dalam 3 tahun ke depan.

Di sisi lain, peringkat PANR bisa naik bila perseroan mencapai target arus kas dari ekspansi bisnis dan secara konsisten menurunkan utang. Dikutip dari laporan keuangan per kuartal I/2019, perseroan memiliki total liabilitas Rp1,03 triliun atau naik 4,89% dibandingkan dengan kuartal IV/2018 yakni Rp981,28 miliar.

“Penurunan peringkat Panorama mencerminkan ekspektasi terhadap leverage keuangan PANR akan tetap agresif dan antisipasi terjadinya tekanan yang berlanjut terhadap marjin profitabilitas sebagai dampak dari volatilitas pendapatan, kompetisi yang ketat, dan beban operasi yang tinggi dari aksi korporasi,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (18/7/2019).

Kendati demikian, dia tak menjawab secara tegas apakah hal itu terjadi sebagai dampak tingginya harga tiket pesawat sejak awal 2019. Adapun, dia memproyeksikan peringkat perseroan dalam kategori stabil. Alasannya, pihaknya menilai struktur permodalan dan perlindungan arus kas perseroan masih lemah dalam jangka pendek dan menengah.

“Peringkat kami turunkan pada awal April. Outlook stabil karena ekspektasi Pefindo terhadap struktur permodalan dan perlindungan arus kas PANR yang tetap lemah dalam jangka pendek ke menengah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper