Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malaysia Pacu Penggunaan CPO dalam Biofuel

Pemerintah Malaysia menargetkan kebijakan otomotif nasional dapat memberlakukan persentase campuran biodiesel kelapa dakit yang lebih tinggi dalam beberapa dekade mendatang seiring dengan pembatasan kelapa sawit oleh Uni Eropa.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia menargetkan kebijakan otomotif nasional dapat memberlakukan persentase campuran biodiesel kelapa dakit yang lebih tinggi dalam beberapa dekade mendatang seiring dengan pembatasan kelapa sawit oleh Uni Eropa.

Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia Darell Leiking mengatakan bahwa produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia, pihaknya berencana untuk menggandakan program biofuel menjadi B20 pada 2020, yang mewajibkan bahan bakar dicampur dengan 20% biodiesel kelapa sawit.

“Minyak kelapa sawit adalah opsi yang layak untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil, karena memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber energi terbarukan,” ujar Darell seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (25/5/2019).

Darell optimistis meski terdapat polemik terkait dengan praktik penanaman kelapa sawit yang diklaim kurang ramah lingkungan, pihaknya yakin permintaan CPO masih akan tetap meningkat.

Selain itu, dia menilai masih melihat potensi bagi sektor ini untuk Malaysia dapat muncul menjadi pemain penting yang dapat memenuhi kebutuhan sektor energi dan transportasi.

Adapun, Uni Eropa pada awal pekan ini menerbitkan peraturan yang menetapkan kriteria baru untuk penggunaan minyak kelapa sawit dalam biofuel.

Peraturan tersebut akan memiliki sistem sertifikasi dan membatasi jenis biofuel dari minyak sawit dan mulai berlaku pada 10 Juni.

Di sisi lain, akibat sentimen tersebut pada penutupan perdagangan Jumat (24/5/2019), harga CPO kontrak Agustus 2019 di bursa Malaysia melemah 2% menjadi 2.014 ringgit per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper