Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebijakan Urbanisasi China Topang Bursa Emerging Market

Bursa saham pasar negara berkembang (emerging market) naik ke level tertingginya dalam delapan bulan pada perdagangan sore ini, Selasa (9/4/2019), didorong penguatan di Asia setelah China melancarkan langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
Bursa Asia MSCI/Reuters
Bursa Asia MSCI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham pasar negara berkembang (emerging market) naik ke level tertingginya dalam delapan bulan pada perdagangan sore ini, Selasa (9/4/2019), didorong penguatan di Asia setelah China melancarkan langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data Reuters, indeks saham emerging market MSCI naik untuk sesi perdagangan hari kesembilan beruntun. Sementara itu, indeks saham blue chip China menguat 0,4%.

Otoritas China pada Senin (8/4/2019) menyatakan pemerintah akan melonggarkan pembatasan tempat tinggal di banyak kota kecilnya tahun ini serta meningkatkan pengeluaran infrastruktur.

Kebijakan tersebut menjadi dorongan terbaru untuk meningkatkan populasi perkotaan serta menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi yang melambat.

China bertujuan untuk meningkatkan tingkat urbanisasi China setidaknya 1 poin persentase pada akhir tahun ini. Pada 2018, sekitar 59,6% populasi China tinggal di daerah perkotaan.

Langkah ini menambah sentimen positif bagi bursa saham Asia khususnya setelah China sebelumnya menyatakan akan menambah pemotongan untuk giro wajib umum perbankan guna mendorong pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah.

Sejalan dengan bursa emerging market, mata uang emerging market turut menguat seiring dengan pelemahan dolar AS yang terbebani kombinasi pelemahan data ekonomi AS dan penguatan mata uang komoditas seperti dolar Australia.

Meski mayoritas mata uang emerging market di Asia naik, namun minimnya sentimen baru dan latar belakang pertumbuhan global yang melambat membatasi penguatannya.

Selain mata uang komoditas, dolar AS juga terbebani data yang menunjukkan penurunan pesanan barang tahan lama di AS pada Februari serta penguatan euro menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB).

“Kita melihat penguatan pada mata uang dan bursa saham emerging market. Tidak ada alasan khusus untuk pergerakannya, tetapi sebagian mungkin karena investor mencermati perundingan perdagangan AS-China,” ujar William Jackson, kepala ekonom emerging market di Capital Economics.

Penasihat ekonomi Presiden Donald Trump mengatakan AS dan China “semakin dekat” dengan kesepakatan perdagangan. Para pejabat pemerintahan dari kedua negara akan melanjutkan perundingannya pekan ini via teleconference.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper