Reliance Sekuritas: IHSG Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Terbaik Hari Ini

Reliance Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG masih akan bergerak mencoba menguat terbatas dengan kisaran 6.523-6.600. Rekomendasi saham hari ini adalah CPIN, BBTN, BMRI, BNLI, ASII, PTPP, BSDE, PWON, RALS.
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  05:59 WIB
Reliance Sekuritas: IHSG Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Terbaik Hari Ini
Pengunjung mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (13/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Reliance Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG masih akan bergerak mencoba menguat terbatas dengan kisaran 6.523-6.600. Rekomendasi saham hari ini adalah CPIN, BBTN, BMRI, BNLI, ASII, PTPP, BSDE, PWON, RALS.

Lanjar Nafi, Equity Technical Analyst  Reliance Sekuritas menjelaskan mayoritas ekuitas Asia cenderung menutup perdangan dengan melemah. Indeks Nikkei (-0.37%), TOPIX (-0.23%), Hangseng (-0.65%) dan Shanghai (-1.20%) ditutup pada zona negatif setelah mengalami uforia perpanjangan pengenaan tarif barang-barang import china.

Nilai tukar Yen menguat hingga penguatan terbesar dalam seminggu menjadi alasan investor melakukan profit taking pada ekuitas di Jepang. MSCI Asia Pacific Index turun 0,4 persen, mundur pertama dalam lebih dari seminggu. 

IHSG (+0.24%) menguat sebesar 15.59 poin kelevel 6540.95 diaksi sesi perdagangan setelah sempat melemah cukup signifikan hingga menguji level psikologis 6500. Sektor produsen komoditas menjadi penekan pergerakan IHSG sejak awal sesi perdagangan dimulai. Indeks Sektor pertanian (-1.43%) dan pertambangan (-1.37%) melemah lebih dari sepersen.

Sentimen dari retrubusi export CPO dan terkoreksinya harga-harga tambang energy dan tambang logam menjadi katalis. Sedangkan sektor konsumer (+1.39%) menjadi penopang pergerakan hingga mampu membalikan keadaan menjadi ke zona positif. Saham UNVR (+2.36%), HMSP (+1.07%) dan GGRM (+2.42%) menjadi kontributor penguatan utama pada IHSG.

Saham-saham rokok kembali terlihat optimis setelah tanpa adanya kenaikan cukai Rokok dispekulasikan dapat menaikan margin dari harga rokok yang lebih tinggi. Investor asing tercatat net buy 352.68 miliar rupiah dengan penguatan nilai tukar Rupiah sebesar 0.19% kelevel Rp13.992 per USD.

Bursa Eropa dibuka pesimistis. Indeks Eurostox (-0.27%), FTSE (-0.98%) dan DAX (-0.26%) melemah pada zona negatif. Meskipun demikian Poundsterling menguat setelah PM Theresa May dikatakan mempertimbangkan rencana untuk menunda referendum kedua Brexit. Dari komoditas harga minyak WTI (-0.2%) turun kelevel $55.36 perbarrel terendah dalam lebih dari seminggu setelah kritikan dari Trump bahwa harga terlalu bergerak naik signifikan.

Pergerakan IHSG bertahan diatas moving average MA5 dengan rebound pada MA20 indikasi cukup positif mencoba mencapai area resistance dan upper bollinger bands. Meskipun demikian indikator stochastic terlihat terkonsolidasi pada area overbought dan momentum RSI yang masih bergerak positif mendekati jenuh beli.

Sehingga diperkirakan IHSG masih akan bergerak mencoba menguat terbatas dengan support resistance 6523-6600.

Saham-saham yang masih dapat diperhatikan diantaranya CPIN, BBTN, BMRI, BNLI, ASII, PTPP, BSDE, PWON, RALS.

(Disclaimer on)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, rekomendasi saham

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top