BUMN Bentuk Usaha Patungan Garap Rest Area di Tol Pejagan—Pemalang

PT PP (Persero) Tbk., PT PP Properti Tbk., PT Jasamarga Properti, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Perkebunan Nusantara IX, dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) telah melakukan penyertaan saham dalam suatu perusahaan patungan atau joint venture, PT PP Sinergi Banjaratma.
M. Nurhadi Pratomo | 11 Februari 2019 17:05 WIB
Pekerja mengerjakan proyek pembangunan hunian bertingkat PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Senin (29/5). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA— PT PP (Persero) Tbk., PT PP Properti Tbk., PT Jasamarga Properti, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Perkebunan Nusantara IX, dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) telah melakukan penyertaan saham dalam suatu perusahaan patungan atau joint venture, PT PP Sinergi Banjaratma.

Sejumlah perseroan pelat merah dan entitas anak itu melakukan setoran modal dasar usaha patungan senilai Rp63,42 miliar. Adapun, porsi kepemilikan saham terbesar dikempit oleh PP sebesar 32% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp20,61 miliar.

Selanjutnya, Jasamarga Properti sebesar 20% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp12,68 miliar. Waskita Karya dengan porsi 20% atau setara dengan Rp12,68 miliar.

Entitas anak PP, PP Properti, mengempit kepemilikan sebesar 10% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp6,34 miliar. Adapun, Perkebunan Nusantara IX dan Rajawali Nusantara Indonesia juga memegang kepemilikan dengan porsi masing-masing 10% dan 7,5%.

Saat dikonfirmasi Bisnis.com, Agus Purbianto, Direktur Keuangan dan Pengelolaan Kapital Manusia PP menjelaskan bahwa pembentukan JV dilakukan untuk melakukan pembangunan dan pengembangan tempat istirahat di jalan tol Pejagan—Pemalang.

“PP berinvestasi di sana dan 100% konstruksi dikerjakan oleh PP,” ujarnya, Senin (11/2/2019).

Manajemen emiten berkode saham PTPP itu mengatakan pembentukan usaha akan menunjang kegiatan usaha perseroan. Pasalnya, kontraktor pelat merah tersebut akan memperoleh recurring income dari penyertaan modal.

Tag : bumn, jalan tol, ptpp
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top