Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) Resmi Jadi Pengendali Baru Holcim (SMCB)

Semen Indonesia Industri Bangunan, entitas anak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., resmi menjadi pengendali baru Holcim Indonesia (SMCB)
M. Nurhadi Pratomo | 04 Februari 2019 14:34 WIB
Holcim Indonesia - Holcim.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— PT Semen Indonesia Industri Bangunan, entitas anak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., resmi menjadi pengendali baru PT Holcim Indonesia Tbk.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Senin (4/2/2019), Direksi Holcim Indonesia mengumumkan perubahan dalam pengendalian baik langsung maupun tidak langsung dari Holderfin B.V kepada Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB).

Perubahan pengendali itu sejalan dengan adanya penjualan saham mayoritas perseroan oleh Holderfin B.V. kepada SIIB. Dengan demikian, SIIB menjadi pengendali baru di emiten berkode saham SMCB tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan pembayaran sudah dilakukan oleh perseroan. Dengan demikian,  crossing  kepemilikan  saham juga sudah dilakukan. “Closing transaksi hari ini sehingga pemegang saham sudah berubah,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (31/1).

Agung mengatakan akan segera melaporkan transaksi terebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Selanjutnya, pihaknya akan mengikuti ketentuan yang berlaku sebagai perusahaan terbuka.

Seperti diketahui, Semen Indonesia telah meneken perjanjian pengikatan jual beli bersyarat atau conditional sales & purchase agreement (CSPA) untuk mengambil alih 6.179.612.820 lembar saham atau 80,6% kepemilikan LafargeHolcim, melalui anak usaha Holderfin B.V., di Holcim Indonesia pada 2018. Nilai pembelian yang disepakati senilai US$917 juta.

Tag : holcim, semen indonesia
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top