Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) Resmi Jadi Pengendali Baru Holcim (SMCB)

Semen Indonesia Industri Bangunan, entitas anak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., resmi menjadi pengendali baru Holcim Indonesia (SMCB)
Holcim Indonesia/Holcim.co.id
Holcim Indonesia/Holcim.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— PT Semen Indonesia Industri Bangunan, entitas anak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., resmi menjadi pengendali baru PT Holcim Indonesia Tbk.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Senin (4/2/2019), Direksi Holcim Indonesia mengumumkan perubahan dalam pengendalian baik langsung maupun tidak langsung dari Holderfin B.V kepada Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB).

Perubahan pengendali itu sejalan dengan adanya penjualan saham mayoritas perseroan oleh Holderfin B.V. kepada SIIB. Dengan demikian, SIIB menjadi pengendali baru di emiten berkode saham SMCB tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan pembayaran sudah dilakukan oleh perseroan. Dengan demikian,  crossing  kepemilikan  saham juga sudah dilakukan. “Closing transaksi hari ini sehingga pemegang saham sudah berubah,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (31/1).

Agung mengatakan akan segera melaporkan transaksi terebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Selanjutnya, pihaknya akan mengikuti ketentuan yang berlaku sebagai perusahaan terbuka.

Seperti diketahui, Semen Indonesia telah meneken perjanjian pengikatan jual beli bersyarat atau conditional sales & purchase agreement (CSPA) untuk mengambil alih 6.179.612.820 lembar saham atau 80,6% kepemilikan LafargeHolcim, melalui anak usaha Holderfin B.V., di Holcim Indonesia pada 2018. Nilai pembelian yang disepakati senilai US$917 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper