Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SMGR Finalisasi Akuisisi SMCB, Transaksi Tuntas 31 Januari 2019

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. segera resmi mengambil alih kepemilikan Holderfin B.V. di PT Holcim Indonesia Tbk. (SMCB) per 31 Januari 2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  21:25 WIB
Pekerja membongkar tumpukan karung Semen Gresik, di sebuah gudang distributor PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (12/12/2018). - Bisnis/Wahyu Darmawan
Pekerja membongkar tumpukan karung Semen Gresik, di sebuah gudang distributor PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (12/12/2018). - Bisnis/Wahyu Darmawan

Bisnis.com,JAKARTA— PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. segera resmi mengambil alih kepemilikan Holderfin B.V. di PT Holcim Indonesia Tbk. (SMCB) per 31 Januari 2019.

Dalam surat edaran Direksi Holcim Indonesia yang dikutip, Rabu (30/1/2019), Manajemen menyampaikan perubahan pengendali dari Holderfin B.V. kepada PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB). Hal itu sejalan dengan pembelian saham sebesar 80,64% di Holcim Indonesia oleh entitas anak Semen Indonesia (SMGR)  itu.

“Adapun pengambilalihan sebagaimana dimaksud di atas diperkirakan akan selesai pada 31 Januari 2019 [tanggal efektif pengambilalihan],” tulis direksi dalam surat kepada karyawan Holcim Indonesia.

Seperti diketahui, Semen Indonesia secara resmi mengumumkan telah meneken perjanjian pengikatan jual beli bersyarat atau conditional sales & purchase agreement (CSPA) untuk mengambil alih 6.179.612.820 lembar saham atau 80,6% kepemilikan LafargeHolcim, melalui anak usaha Holderfin B.V., di Holcim Indonesia. Nilai pembelian yang disepakati senilai US$917 juta.

Dalam riset yang dipublikasikan melalui Bloomberg, Tim Analis J.P. Morgan menuliskan sektor semen Indonesia tengah memasuki tahap awal pemulihan multi tahun. Kondisi itu setelah penurunan terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Pertumbuhan penawaran yang lebih wajar diterjemahkan menjadi tingkat utilisasi yang lebih tinggi. Terlebih, konsolidasi industri tengah berlangsung dengan langkah Semen Indonesia yang mengakuisisi produsen semen terbesar ketiga, Holcim Indonesia, dinilai sebagai langkah positif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holcim semen semen indonesia
Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top