Logindo Samudramakmur (LEAD) Bidik Utilisasi Kapal 70% pada 2019

Emiten pelayaran PT Logindo Samudramakmur Tbk. menargetkan utilisasi kapal perseroan dapat mencapai 70% pada tahun ini. Dalam 3 tahun terakhir, perseroan fokus meningkatkan operasional kapal-kapal yang dimiliki.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  20:52 WIB
Logindo Samudramakmur (LEAD) Bidik Utilisasi Kapal 70% pada 2019
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Logindo Samudramakmur Tbk. menargetkan utilisasi kapal perseroan dapat mencapai 70% pada tahun ini. Dalam 3 tahun terakhir, perseroan fokus meningkatkan operasional kapal-kapal yang dimiliki.

Sekretaris Perusahaan Logindo Samudramakmur Adrianus Iskandar menyampaikan bahwa perseroan menggenjot utilisasi kapal untuk meningkatkan pemasukan, melalui keterlibatan pada tender-tender yang berjalan.

“Strategi kami tahun ini secara umum tidak berbeda [dari 2018] yaitu meningkatkan utilisasi kapal-kapal. Tahun lalu kami berhsil mencapai target peningkatan utilisasi menjadi 60% dari sebelumnya 48%,” ungkap Adrianus saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (10/1).

Adrianus menyampaikan,  emiten dengan sandi LEAD tersebut akan fokus mengoperasionalkan armada sehingga belum berencana menambah kapal. Untuk tahun ini, perseroan mempersiapkan belanja modal hanya untuk perawatan kapal atau docking yaitu sebesar US$2 juta.

Meski lebih optimistis dengan iklim usaha pada 2019, Adrianus menyampaikan sektor support vessel pengangkutan migas seperti yang ditekuni perseroan menghadapi tantangan yaitu persaingan yang cukup ketat. Hal tersebut membuat harga sewa kapal masih tertekan meski permintaannya meningkat.

“Oleh karena itu untuk kontrak dengan kapal-kapal baru juga masih sulit,” ungkap Adrianus.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, LEAD membukukan pendapatan sebesar US$20,22 juta pada periode Januari—September 2018, menurun tipis 0,3% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (yoy) yang sebesar US$20,3 juta.

Pada periode tersebut, perseroan masih membukukan rugi bersih sebesar US$6,63 juta, menurun dibandingkan yoy saat rugi bersih perseroan mencapai US$8 juta.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kinerja emiten, logindo samudramakmur

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top