Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rights Issue, Indomobil Multi Jasa (IMJS) Bakal Raup Rp526 Miliar

Emiten otomotif PT Indo Mobil Jasa Tbk. berencana menempuh penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau rights issue dengan melepas sebanyak 752.550.000 saham baru.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten otomotif PT Indomobil  MultiJasa Tbk. berencana menempuh penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau rights issue dengan melepas sebanyak 752.550.000 saham baru.

Aksi korporasi tersebut dilaksanakan melalui Penawaran Umum Terbatas II. Dengan harga pelaksanaan sebesar Rp700 per lembar,  emiten otomotif Grup Salim tersebut berpeluang meraup dana hingga Rp526,78 miliar.

Berdasarkan prospektus ringkas yang dipublikasikan perseroan, emiten dengan sandi IMJS tersebut akan mengalokasikan 3 HMETD pada setiap pemegang 20 saham lama. Setiap pemegang 1 HMETD, berhak membeli 1 saham baru perseroan.

Dengan HMETD tersebut, maka jumlah saham perseroan yang akan dicatatkan di BEI yaitu 5.769.550.000 saham biasa. Apabila seluruh saham yang ditawarkan tidak diserap secara penuh oleh pemegang HMETD,  sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

Adapun, dana hasil rights issue tersebut akan digunakan perseroan untuk beberapa kebutuhan. Pertama, pembayaran utang kepada PT Bank Maybank Indonesia Tbk. dengan nilai outstanding sebesar Rp279,5 miliar. Jumlah yang akan dibayarkan perseroan berikut bunganya yaitu Rp242 miliar.

Kedua, dana hasil PUT akan memperkuat struktur permodalan entitas anak yaitu PT Indomobil Finance Indonesia dalam bentuk tambahan setoran modal sebesar Rp242 miliar.

Adapun, hingga kuartal III/2018 perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp2,45 triliun, meningkat 23,25% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (yoy) yang sebesar Rp1,98 triliiun.

Pada periode tersebut, perseroan mengantongi laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp139,39 miliar, naik 31,13% secara yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper