Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indomobil Sukses Internasional (IMAS) Divestasi 5,1% Saham Nissan Motor Indonesia

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. berencana menjual 5,1% saham milik anak usahanya PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 02 Oktober 2018  |  18:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. berencana menjual 5,1% saham milik anak usahanya PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia.

Rencananya, emiten berkode saham IMAS itu akan melepas 13.433 saham Seri C PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kepada PT Tritunggal Intipermata yang merupakan pemegang 18,17% saham IMAS. Adapun 90% saham Tritunggal Inti Permata digenggam oleh Anthoni Salim. Dengan demikian, rencana transaksi itu merupakan transaksi afiliasi.

Berdasarkan keterbukaan informasi Selasa (2/10/2018), IMAS memiliki 25% saham NMI, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"NMI menderita kerugian dalam beberapa tahun terakhir dan perseroan sudah tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap entitas asosiasi tersebut," tulis manajemen Indomobil Sukses Internasional.

Lebih lanjut, kerugian yang dialami NMI dinilai membebani laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif konsolidasian perseroan sehingga mengurangi kinerja perseroan untuk meningkatkan keuntungan.

"Rencana transaksi akan meningkatkan laba bersih perseroan karena tidak lagi turut membukukan rugi yang dialami NMI sehingga perseroan dapat meningkatkan kemampuan dalam membagikan dividen kepada para pemegang saham," imbuh manajemen IMAS.

Transaksi tersebut disepakati senilai Rp135 miliar atau berada di atas nilai pasar wajar Rp133,87 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi Korporasi indomobil
Editor : Ana Noviani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top