Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tower Bersama Infrastructure (TBIG) Resmi Jadi Pengendali Gihon Telekomunikasi (GHON)

Emiten penyedia infrastruktur telekomunikasi PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk. menyerahkan kuasa dan kewenangan keppada PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. untuk menjadi pemegang saham pengendali.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 02 Oktober 2018  |  15:48 WIB
PT Tower Bersama Infrastructure Tbk - Istimewa
PT Tower Bersama Infrastructure Tbk - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten penyedia infrastruktur telekomunikasi PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk. menyerahkan kuasa dan kewenangan keppada PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. untuk menjadi pemegang saham pengendali.

Tower Bersama Infrastructure merupakan pemegang saham Gihon Telekomunikasi sebesar 19,79% atau 108,88 juta saham. Emiten dengan sandi TBIG tersebut membeli saham GHON saat IPO dengan investasi mencapai Rp127,4 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan perseroan, TBIG menyebut perjanjian pemegang saham pengendali tersebut disepakati oleh pemilik saham GHON yang mewakili kepemilikan sebesar 70,76%.

Sesuai pasal 1 ayat 4 huruf b Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka yang mendefinisikan Pengendali Perusahaan Terbuka, TBIg dapat menentukan maupun langsung dan tidak langsung dengan cara apapun, pengelolaan dan/atau kebijakan perusahaan terbuka.

Adapun, perubahn pengendalian dalam struktur GHON yaitu TBIG dan GHON memiliki lini usaha yang sama sehingga dapat menghasilkan sinergi usaha yang lebih optimal. Selain itu, laporan keuangan GHON per 1 Oktober akan dapat dikonsolidasikan ke dalam Lapkeu TBIG.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi Korporasi tower bersama infrastructure
Editor : Ana Noviani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top